Penulis Utama : Fakih Ardianto
NIM / NIP : K4613056
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh  gaya berjalan di udara melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas XI-IIS 3 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.
 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini  dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI-IIS 3 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif  yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
 Hasil analisis menunjukan bahwa model pembelajaran Team Assisted 
 Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada siklus I yaitu 16 siswa (44,44%) tuntas dan 20 siswa (55,55%) belum tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada siklus II yaitu 28 siswa (77,77%) tuntas dan 8 siswa (22.22%) belum tuntas. 
 
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Team  Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada siswa kelas XI-IIS 3 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara, Model 
Pembelajaran Team Assisted Individualization.

×
Penulis Utama : Fakih Ardianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613056
Tahun : 2017
Judul : Meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara melalui model pembelajaran team assisted individualization pada siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4613056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Mukholid, M.Pd,
2. Pomo Warih Adi, S.Pd, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.