Penulis Utama : Mohamad Nasirudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211064
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas Digital Branding Dalam Pencitraan Kota (Studi Korelasi Antara Efektivitas Tagar #Kotasolo Dengan Pencitraan Kota Surakarta Di Instagram Menurut Follower @Kotasolo_Fp)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. FISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS, F. FISIP, Program Studi Ilmu Komunikasi, D0211064-2017
Subyek : CITY BRANDING, DIGITAL BRANDING, JEJARING SOSIAL, BRAND AWARENESS, PERSEPSI, DAN PENCITRAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Pariwisata merupakan salah satu andalan perolehan devisa dalam pembangunan nasional. Potensinya yang besar untuk semakin berkembang menjadikan pariwisata diakui sebagai bisnis yang menggiurkan. Pariwisata sebagai industri pun terus semakin berkembang terbukti dengan semakin banyaknya pembangunan hotel di berbagai lokasi yang kerap dikunjungi wisatawan, akses yang lebih gampang, serta panduan wisata baik yang berasal resmi dari pemerintah maupun berkat upaya lembaga swasta.
Pemasaran pariwsata yang kreatif saat ini tidak terbatas pada media konvensional tapi juga media digital. Digital Branding #kotasolo merupakan bentuk promosi pariwsata Kota Surakarta di situs jejaring sosial, terutama Instagram.
Efektivitas adalah seberapa baik pekerjaan yang dilakukan, sejauh mana orang menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Ini berarti bahwa apabila suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan perencanaan, baik dalam waktu, biaya maupun mutunya, maka dapat dikatakan efektif. Untuk melakukan semua ini diperlukan sebuah strategi. Strategi yang mencakup segmentasi, targeting, dan positioning memiliki peranan kunci untuk memenangkan mind share.
Penelitian ini dilakukan kepada 98 responden yang berasal dari followers @kotasolo_fp per 12 Februari 2016. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner yang peneliti bagikan di grup-grup berkaitan dengan pariwisata Kota Surakarta. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah teknik korelasi tata jenjang Spearman.
Hasil penelitian ini menunjukkan rs = 0,54. Dengan df = 0,05 sehingga didapat t = 6,293. Nilai t memenuhi t > 2,00 dan t > 1,98. Dari hasil tersebut diketahui bahwa harga t hasil lebih besar dari t tabel, maka HA diterima oleh karena itu H0 ditolak. Sehingga “Terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas digital branding #kotasolo dalam pencitraan Kota Surakarta di Instagram menurut follower Instagram @kotasolo_fp.”
Kata kunci: city branding, digital branding, jejaring sosial, brand awareness, persepsi, dan pencitraan.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
MOHAMAD NASIRUDIN.pdf
COVER.pdf
4 BAB I.pdf
5 BAB II.pdf
6 BAB III.pdf
7 BAB IV.pdf
8 BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy S.Msi.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP