Penulis Utama : Nonny Putri Intansari
NIM / NIP : S501202040
×

Abstrak

Latar Belakang: Penatalaksanaan skizofrenia membutuhkan waktu yang panjang dan kepatuhan yang baik. Angka kesembuhan skizofrenia  25?pat sembuh, 25?pat mandiri, 25% membutuhkan bantuan, dan 25% jatuh kedalam kondisi berat. Skizofrenia berkaitan erat dengan stress oksidatif sebagai pemicu proses neuropatologi pada skizofrenia, maka strategi terapi tambahan untuk meningkatkan angka perbaikan gejala skizofrenia menjadi studi yang banyak dilakukan. Strategi  pemberian terapi tambahan untuk mengatasi salah satu atau lebih patofisiologi, juga berperan mengoptimalkan terapi utama.
    
Tujuan: Mengetahui pengaruh omega-3 terhadap fungsi peran, gejala positif, gejala negatif, dan gejala agresif pasien skizofrenia kronis di RSJD dr.Arif Zainudin Surakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan dengan rancangan randomized controlled trial group, double-blind, pre-post test design. Jumlah subyek 60 pasien skizofrenia kronis, di RSJD dr.Arif Zainudin Surakarta.

Hasil:  Terdapat perbedaan yang signifikan perbaikan gejala positif dan gejala negatif, Perbaikan lebih cepat pada kelompok intervensi. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan perbaikan gejala agresif, perbaikan sama cepat. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan perbaikan fungsi peran.

Kesimpulan: Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian omega-3 ada pengaruh perbaikan lebih cepat terhadap gejala positif dan gejala negatif pasien skizofrenia dan tidak ada pengaruh omega-3 terhadap gejala agresi dan fungsi peran pasien skizofrenia.

Kata Kunci : omega-3, gejala negatif, gejala positif, gejala agresi, skor panss, fungsi peran, gaf, skizofrenia

×
Penulis Utama : Nonny Putri Intansari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501202040
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Omega-3 terhadap Fungsi Peran, Gejala Positif, Gejala Negatif dan Gejala Agresif Pasien Skizofrenia Kronis di RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S501202040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.DR.Much Syamsulhadi, dr.,Sp.KJ(K).
2. Prof.DR.Moh Fanani, dr.,Sp.KJ(K).
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.