Penulis Utama : Cindy Heryana
NIM / NIP : K7413035
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menyusun Laporan Keuangan di Kelas XB Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Wikarya Karanganyar dengan menerapkan metode pembelajaran drill dan diskusi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Wikarya Karanganyar yang berjumlah 35. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi,  tes,  dan  dokumentasi. Teknik  analisis  data  yang  digunakan  yaitu dengan teknik analisis deskriptif dan analisis kritis.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran drill dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa   pada mata pelajaran menyusun laporan keuangan. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti bahwa ada peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar dengan KKM ?75 pada siklus I sebesar 62,86% dengan rata-rata nilai kelas 81,57 dan siklus II sebesar 85,71% dengan rata-rata nilai kelas 82,94.

Kata Kunci : metode pembelajaran drill, metode pembelajaran diskusi, hasil belajar

×
Penulis Utama : Cindy Heryana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413035
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Metode Pembelajaran Drill dan Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menyusun Laporan Keuangan di Kelas XB Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7413035-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jaryanto, S.Pd. M.Si.
2. Elvia Ivada, S.E., M.Si. Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.