Penulis Utama : Niken Aresta
NIM / NIP : S841308017
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan ; 1) profil tokoh wanita dalam novel Perempuan Jogja Karya Achmad Munif; 2) Perjuangan  perempuan membela ketidaksetaraan gender dalam novel Perempuan Jogja Karya Achmad Munif;
3) Ketidakadilan gender dalam novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif; 4) Nilai- nilai pendidikan yang ada dalam Novel Perempuan Jogja Karya Achmad Munif;5) Resepsi pembaca terhadap novel Perempuan Jogja Karya Achmad Munif.
Penelitian   ini   menggunakan   metode   kualitatif.   Metode   kualitatif   adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskripsi berupa kata-kata.Data penelitian ini adalah novel Perempuan Jogja Karya Ahmad Munif. Penelitian ini menggunakan pendekatan feminisme untuk mendiskripsikan emansipasi, bentuk ketidakadilan gender, eksistensi perempuan. Teknik pengumpulan data yang diguanakan dalam  penelitian  ini  adalah  teknik  non  interaktif.  Teknik  pengumpulan  data  non interaktif dengan melakaukan pembacaan   secara intensif dari novel dan pencatatan secara aktif dengan metode content analysis . Validitas data menggunakan triangulasi data.
Hasil Penelitian  disimpulkan bahwa :  (1) Profil tokoh wanita  yang terdapat dalam novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif antara lain Rumanti memiliki watak yang sabar, dan tegar; Indri mempunyai watak cerdas dan teguh pendirian; Popi memiliki watak mandiri dan pantang menyerah(2) Bentuk-bentuk ketidakadilan genderdalam novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif anatara lain : marginalisasi, subordinasi, kekerasan fisik, psikologi dan seksual serta perdagangan perempuan. (4) Nilai-nilai pendidikan pada novel Perempuan Jogja meliputi, (a) nilai agama,(b) nilai moral,(c) nilai budaya/adat yang berhubungan dengan tradisi dan kebiasaan masyarakat. (5) Resepsi pembaca terhadap novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif baik dari tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar maupun pengajar menyatakan bahwa dalam novel Perempuan Jogja memuat gerakan feminisme,terdapat beberapa ketidakadilan gender serta nilai-nilai pendidikan.

 

 

×
Penulis Utama : Niken Aresta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841308017
Tahun : 2017
Judul : Kajian Feminisme, Nilai Pendidikan Dan Resepsi Pembaca Pada Novel Perempuan Jogja Karya Achmad Munif
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841308017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani,M.Pd
2. Dr Budhi Setiawan,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.