Penulis Utama : Ardhi Ganardhi
NIM / NIP : D1215061
×

Abstrak

Budaya pop merupakan kebudayaan yang terjadi karena adanya kemajuan kebudayaan. Budaya pop lahir atas kehendak media, media berperan dalam memfasilitasi perkembangan nilai budaya pop tersebut. Masyarakat selaku khalayak media tanpa sadar mengadopsi segala bentuk nilai budaya tersebut dalam keseharian mereka. Dengan demikian pada tingkat tertentu budaya pop memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan gaya hidup masyarakat.
Media massa berperan dalam memfasilitasi berkembangnya nilai-nilai budaya pop di masyarakat. Radio sebagai salah satu bentuk media massa turut mengambil peranan dalam fenomena ini. Sama halnya dengan stasiun radio lain, JakFM yang merupakan salah satu stasiun radio terkemuka di Jakarta juga turut mengambil peranan. Dengan segmentasi kalangan muda perkotaan nilai-nilai budaya pop lebih mudah dan cepat berekembang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta menjelaskan bagaimana nilai-nilai budaya pop disebarkan melalui konten penyiaran program. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti aspek konten informasi, bahasa lisan penyiaran, hingga pemutaran musik. Aspek-aspek tersebut, dilandaskan atas fungsi radio sebagai media komunikasi massa, dimana fungsinya adalah informasi, persuasi, transmisi budaya dan fungsi hiburan. Metodologi dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan studi dokumen. Wawancara dilakukan terhadap narasumber dari pihak JakFM seperti program direcotr, penyiar, music director dan juga mewawancari kalangan pendengar setia JakFM. Selain itu peneliti menggunakan teori masyarakat massa serta teknik triangulasi sumber guna menganalisis data.
Penelitian ini berkesimpulan bahwa: (1) Terdapat nilai budaya pop yang dilihat dari beberapa aspek seperti, aspek informasi yaitu pemberian informasi terkait trend gaya hidup, aspek bahasa lisan yaitu penggunaan bahasa populer, dan aspek hiburan yaitu pengaruh pemutaran musik pop; (2) Terdapat kesan bahwa nilai-nilai budaya populer tersebut memiliki dampak terhadap gaya hidup khalayak. Dampak yang ditimbulkan cenderung bersifat kognitif dan konatif dimana dapat mempengaruhi pemikiran serta tindakan khalayak.

Kata Kunci : Budaya Populer, Radio Siaran, Peran Media Massa

×
Penulis Utama : Ardhi Ganardhi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215061
Tahun : 2017
Judul : Radio Siaran dan Budaya Populer (Studi Tentang Peran Media Massa Radio dalam Memfasilitasi Berkembangnya Nilai-Nilai Budaya Populer di Stasiun Radio JakFM Jakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1215061-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. H. Pawito, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.