Penulis Utama : Mohamad Zam Fredo
NIM / NIP : D1214054
×

Abstrak

Pertumbuhan ekonomi yang pesat membuat banyak orang memutuskan untuk marantau dan menetap di Soloraya, hal tersebut yang membuat pernikahan lintas adat tidak dapat dihindari karena adanya interaksi langsung yang terjadi antara suku Jawa dan suku pendatang khususnya suku Palembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya pertukaran budaya yang terjadi dalam pernikahan berdeda suku antara suku Jawa dan suku Palembang di SoloRaya. Metode penelitian yang dipakai adalah kulitatif study kasus yang mengambil 4 keluarga yang berada di dalam komunitas PKMSS (Paguyuban Keluarga Muda Sumatra Selatan). Sedangkan data diperoleh langsung melalui wawancara dengan teknik random sampling sehingga hasil yang diperoleh akurat tanpa ada sasaran yang di inginkan oleh penulis. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber lainnya.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pernikahan berbeda suku antara suku Palembang dan Jawa hal yang sangat penting adalah adaptasi budaya harus dapat berjalan dengan baik,agar proses akulturasi dapat berjalan dengan baik.
Saran dari penelitian ini adalah adanya dukungan antara orang terdekat dalam pernikahan campuran sangatlah berperan penting dalam proses adaptasi kebudayaan.

Kata Kunci : Pernikahan Campuran Jawa Dan Palembang, Proses Komunikasi

×
Penulis Utama : Mohamad Zam Fredo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214054
Tahun : 2017
Judul : Komunikasi Antar Budaya dalam Pernikahan Berbeda Adat (Studi Kasus Tentang Proses Komunikasi Antar Budaya dalam Praktek Pernikahan Campuran Suku Melayu Palembang dan Jawa di Solo Raya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1214054-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Tiyanto.S.U.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.