Penulis Utama : Lathif Puspo
NIM / NIP : D1214046
×

ABSTRAK
Kasus papa minta saham merupakan isu politik yang ramai dipenghujung tahun 2015, karena dalam kasus tersebut terjadi pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden RI yang dilakukan oleh Ketua DPR Setya Novanto untuk mendapatkan saham dari PT Freeport Indonesia. Selain publik, media massa juga menyoroti kasus ini dengan berbagai reaksi melalui berita yang mereka sajikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kompas dan Media Indonesia dalam menyajikan berita sidang MKD papa minta saham berdasarkan perbedaan kategori arah pemberitaan, penempatan halaman berita dan sumber berita.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agenda setting. Dalam setiap penulisan berita, setiap media pasti memiliki ciri khas sendiri. Karena dalam setiap penulisan berita, suatu media pasti punya agenda setting sendiri untuk membentuk opini pembaca. Dalam teori agenda setting, media massa dalam menyampaikan berita kepada pembaca selalu mengenai isu-isu yang dianggap penting oleh suatu media tersebut.    
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik analisis isi dan diuji secara kuantitatif dengan uji chi square untuk melihat perbedaan yang signifikan atau tidak antar dua media dengan kategori yang sama.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan untuk kategori penempatan halaman berita, yang mana hasil hitung X2hitung kurang dari X2tabel (4,3 < 7> 5,991). Perbedaan yang signifikan  ini menunjukkan bahwa dalam pemilihan berita dan cara menyampaikan berita mengenai sidang MKD Papa Minta Saham, baik Kompas maupun Media Indonesia memiliki pandangannya sendiri. Kompas dalam menyampaikan berita tersebut cenderung netral, sedangkan Media Indonesia mendukung untuk dilakukannya sidang MKD. Dan untuk kategori sumber berita juga terdapat perbedaan yang signifikan, dimana hasil hitung X2hitung lebih dari X2tabel (52,1 > 19,675). Perbedaan ini menunjukkan bahwa Kompas dan Media Indonesia memiliki kecenderungan yang berbeda dalam mencari sumber berita tentang sidang MKD papa minta saham sesuai dengan kebutuhan agenda yang ingin mereka bangun.

Kata Kunci: Berita, Kasus Papa Minta Saham, Analisis Isi

 

×
Penulis Utama : Lathif Puspo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214046
Tahun : 2017
Judul : Reforma Agraria dalam Karya Seni Grafis (Analisis Semiotika Karya Seni Grafis Lembaga Budaya Kerakyatan Taring Padi Yogyakarta dalam Menyampaikan Reforma Agraria di Indonesia)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0212056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.