Penulis Utama : Dominika Risnanda Alfinsia Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116019
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Meditasi terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia dengan Hipertensi di Panti Wredha Dharma Bhakti Kasih Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Bidan Pendidik-R1116019-2017
Subyek : MEDITASI, TEKANAN DARAH, LANSIA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Latar Belakang: Hipertensi memiliki prevalensi paling tinggi dalam masalah kesehatan lanjut usia yaitu 55,76%. Fungsi fisiologis pada lanjut usia mengalami penurunan akibat bertambahnya umur dan proses penuaan sehingga penyakit tidak menular banyak terjadi. Meditasi merupakan salah satu terapi nonfarmakologis yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh meditasi terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi.

Metode: Penelitian pra eksperimen ini menggunakan desain pretest dan posttest yang menggunakan teknik total sampling dengan besar sampel 18 responden yang memenuhi kriteria restriksi. Alat pengumpulan data menggunakan tensimeter digital.Tekanan darah lansia yang menderita hipertensi ditandai dengan tekanan sistolik ?140 mmHg dan tekanan diastolik ?90 mmHg. Teknik analisis data menggunakan Uji t berpasangan.

Hasil penelitian : Rerata tekanan darah lansia dengan hipertensi pada pretest yaitu tekanan darah sistolik 173,11 mmHg dan tekanan darah diastolik 106,89 mmHg. Pada posttest didapatkan rerata tekanan darah sistolik 158,83 mmHg dan tekanan darah diastolik 97,22 mmHg. Hasil analisis data dengan uji t berpasangan menunjukkan p<0>

Simpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan pada Meditasi terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia dengan Hipertensi di Panti Wredha Dharma Bhakti Kasih Surakarta.

Kata Kunci : Meditasi, Tekanan Darah, Lansia

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi.
2. Erindra Budi C, S.Kep, M.Kes.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran