Penulis Utama : Murawan
NIM / NIP : K2312046
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 5 Surakarta menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik melalui metode eksperimen pada mata pelajaran fisika tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi tindakan, dan (4) refleksi tindakan. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 5 Surakarta semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 dengan komposisi 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik melalui metode eksperimen dalam pembelajaran Fisika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 15,41 yang mulanya 60,02 rata-rata pada siklus I menjadi 75,43 rata-rata pada siklus II, (2) Tiap-tiap indikator aktivitas belajar siswa telah mencapai target penelitian dengan nilai ? 70 dan nilai pada tiap-tiap indikator meningkat dari Siklus I ke Siklus II.

Kata kunci:    Penelitian Tindakan Kelas, Pendekatan Saintifik, Problem Based Learning, Aktivitas belajar, Siklus, Eksperimen.

 

×
Penulis Utama : Murawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2312046
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dengan Pendekatan Saintifik melalui Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X MIA 5 SMA Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Fisika-K2312046-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd.,
2. Drs. Yohanes Radiyono, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.