Penulis Utama : Fauzi Derita Saputri
NIM / NIP : K3315020
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Batik 2 Surakarta pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan LKS pada materi asam basa, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Batik 2 Surakarta pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan LKS pada materi asam basa.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning mampu membuat siswa lebih aktif berkontribusi dalam pembelajaran yang dilihat dari visual activity, oral activity, listening activity, maupun writing activity. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi siklus I capaian aktivitas belajar siswa yaitu 69,12% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 77,84%. (2) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning juga mampu membuat pembelajaran lebih menarik sehingga siswa lebih memahami materi dan menguasai indikator yang ada. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan siklus I yaitu 34,48% menjadi 75,86% pada siklus II, aspek sikap dari 75,86% pada siklus I menjadi 95,56% pada siklus II, dan aspek keterampilan dari 81,83% pada siklus I menjadi 87,52% pada siklus II. 

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Project Based Learning, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar

×
Penulis Utama : Fauzi Derita Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315020
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan LKS pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Batik 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Kimia-K8114007-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Endang Susilowati, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.