Penulis Utama : Nicky Gilang Wicaksono
NIM / NIP : F1117040
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dan untuk menganalisis kecenderungan kontribusi pajak Hotel dan pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli daerah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan data tahun 2013-2017 untuk menguji pengaruh Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah dengan mengambil obyek penelitian yaitu 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah.
Metode analis menggunakan regresi data panel dan analisis kontribusi. Hasil penelitian regresi data panel ini menunjukan bahwa Hotel berpengaruh dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah, Restoran berpengaruh dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah. Hasil analisis kontribusi ini menunjukan bahwa kecenderungan kontribusi cenderung meningkat.
Kesimpulan dari peneitian ini adalah Hotel dan Restoran berpengaruh dan signifikan terhadap PAD. Kecenderungan kontribusi Hotel dan Restoran tahun 2013-2017 cenderung meningkat. Saran dari penlitian ini adalah Daerah yang masih memiliki penerimaan pajak rendah untuk lebih giat untuk dikembangkan serta Pemerintah daerah perlu melakukan pengawasan dan sosialisasi guna pentingnya pajak hotel dan restoran bagi pendapatan suatu daerah.

Kata kunci: Hotel, Restoran, Pendapatan Asli Daerah(PAD).

 

×
Penulis Utama : Nicky Gilang Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117040
Tahun : 2019
Judul : Analisis Pengaruh Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah(PAD) Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Ekonomi Pembangunan-F1117040-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutanto. M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.