Penulis Utama : Neny Rochima Wati
NIM / NIP : K5412056
×

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  (1)  partisipasi peserta didik (2) hasil belajar peserta didikdengan menggunakan Model Number Head Together (NHT) disertai Mind Mappada KD3.6Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah kelas X IPS 1 SMA N 2 Karanganyar yang berjumlah 38 anak. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes yaitu berupa tes formatif untuk mengukur hasil belajar dan teknik non-tes berupa Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif, yaitu pada partisipasi peserta didik diamati dengan lembar observasi dan hasil belajar peserta didik dengan pemberian tes formatif disetiap akhir siklus dengan indikator ketercapaian adalah >75%.

Hasil   penelitian(1)terdapat   peningkatan   partisipasi   peserta   didik   dari sebelum dilaksanakan tindakan hingga Siklus II. Partisipasi peserta didik pada kategori tinggi meningkat dari kondisi awal sebesar 21,1% menjadi 39,5% pada Siklus I dan 78,9% pada Siklus II. (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik  dari  pratindakan  hingga  Siklus  II.  Hasil  belajar  sebelum  dilaksanakan tindakan sebesar 50% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), setelah dilaksanakan tindakan hasil belajar meningkat menjadi 57,9% pada Siklus I dan 86,9% pada Siklus II. Penelitian dihentikan pada Siklus II karena indikator ketercapaian sebesar >75% sudah tercapai.

Kata Kunci : number head together, NHT,mind map, partisipasi peserta didik, hasil belajar

×
Penulis Utama : Neny Rochima Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412056
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Disertai Mind Map untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016 (Kompetensi Dasar 3.6 Menganalisis Hubungan antara Manusia dengan Lingkungan sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5412056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Subandriyo, M. Pd.
2. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.