Penulis Utama : Hani Annisaa
NIM / NIP : K3315024
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) kemampuan literasi kimia peserta didik dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan modul dilengkapi kompendium Al-Qur’an; (2) prestasi belajar peserta didik pada materi redoks kelas X SMA Al-Islam 1 Surakarta dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan modul dilengkapi kompendium Al-Qur’an.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta. Sumber data diperoleh dari guru, siswa, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan wawancara.

Berdasarkan hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan modul dilengkapi kompendium Al-Qur’an mampu meningkatkan: (1) kemampuan literasi kimia peserta didik siklus I sebesar 0% dan meningkat menjadi 70,97% (2) prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan siklus I sebesar 51,61% dan meningkat menjadi 77,42% pada siklus II. Aspek sikap dan keterampilan telah mencapai target pada siklus II.

Kata kunci : Search, Solve, Create, and Share (SSCS), Redoks, Prestasi Belajar, Kemampuan Literasi Kimia,

 

 

×
Penulis Utama : Hani Annisaa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315024
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dengan Modul Dilengkapi Kompendium Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia dan Prestasi Belajar pada Materi Redoks Kelas X MIPA SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Kimia-K3315024-2020
Kata Kunci : Search, Solve, Create, and Share (SSCS), Redoks, Prestasi Belajar, Kemampuan Literasi Kimia,
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.
2. Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.