Penulis Utama : Annisa Fathoni Abidah
NIM / NIP : K8114007
×

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.  Jenis penelitian  yang digunakan adalah penelitian  tindakan kelas  partisipan  (PTK).    Penelitian dilakukan dalam  dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK BA Aisyiyah Jati Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018  yang berjumlah  14  anak yang terdiri dari 7  anak laki-laki dan  7 anak perempuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi informan yaitu guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa unjuk kerja. Penelitian ini telah diuji validitas datanya menggunakan triangulasi sumber juga triangulasi tekhnik. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis datadeskriptif komparatifdan analisis data kualitatif menggunakan deskriptif interaktif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan  anak dalam bekerjasama melalui  permainan bentengan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peneltian ini menunjukkan  kemampuan anak dalam bekerjasama pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal kemampuan kerjasama anak 50% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal kemampuan kerjasama pada anak85,71%.Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya  kemampuan kerjasama anak dalam bermain dengan teman, berbagi dengan orang lain dan bersikap kooperatif.Kesimpulannya setelah distimulasi dengan permainan bentengan nilai rata-rata kemampuan kerjasama pada anak sebesar 85,71% maka kemampuan kerjasama anak meningkat atau berada di kriteria baik..   

Kata kunci:  Kerjasama, Permainan Bentengan, Anak Usia 5-6 Tahun

×
Penulis Utama : Annisa Fathoni Abidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114007
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Sikap Kerjasama Melalui Permainan Bentengan (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Usia 5-6 Tahun BA Aisyiyah Jati Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Penfifikan Guru Anak Usia Dini-K8114007-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M. Hum.
2. Nurul Kusuma Dewi, S. Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.