Penulis Utama : Arum Sonia Azahra Nur Annisa
NIM / NIP : G0016029
×

ABSTRACK
Latar Belakang. Kepercayaan diri merupakan hasil dari proses pembentukan identitas. Identitas diri yang jelas menghasilkan kepercayaan diri yang tinggi. Identitas yang kabur menurunkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri mempengaruhi kemampuan seseorang berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain yang berarti komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal di kalangan mahasiswa cukup penting dalam membangun konsep diri, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, untuk menghindarkan diri dari tekanan dan ketegangan. Kepercayaan diri mempengaruhi komunikasi interpersonal berarti kepercayaan diri juga mempengaruhi cara mahasiswa atau remaja pada umumnya dalam berkomunikasi dengan media sosial. Kepercayaan diri yang berbeda – beda pada setiap individu di usia remaja ini yang akan berpengaruh terhadap intensitas penggunaan media sosial mereka.  Intensitas penggunaan merupakan tingkat kedalaman dan kekuatan sikap dalam menggunakan atau memanfaatkan fasilitas-fasilitas media sosial dengan memperhatikan durasi waktu dan frekuensi penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepercayaan diri dan intensitas penggunaan media sosial.
Metode. Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Metode pengambilan data menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kuesioner yang digunakan adalah Kuesioner Kepercayaan Diri Lauster dan Kuesioner Social Networking Time Usage Scale (SONTUS). Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan tingkat kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial WhatsApp.
Hasil. Uji korelasi Spearman diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = -0,458 dan nilai signifikansi (p) = 0,000 < 0>Simpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan tidak searah yang signifikan kuat antara tingkat kepercayaan diri dan intensitas penggunaan media sosial WhatsApp pada mahasiswa FK UNS angkatan 2018.

Kata Kunci: Tingkat kepercayaan diri, Intensitas penggunaan media sosial WhatsApp.

 

 

×
Penulis Utama : Arum Sonia Azahra Nur Annisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016029
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret Angkatan 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Kedokteran-Prodi Kedokteran-G0016029-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Istar Yuliadi, M.Si., FIAS,
2. dr. Dian Nugroho, M.MedEd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.