Penulis Utama : Istiqomah Putri Mirasandi
NIM / NIP : S041708003
×

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh: (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap media pada model pembelajaran concept sentence, (2) kelayakan media pada model pembelajaran concept sentence menurut ahli dan calon pengguna, dan (3) keefektifan media pada model pembelajaran concept sentence untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa tunarungu.
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) yang terdiri atas tiga langkah, yaitu studi pendahuluan, pengembangan media dan uji keefektifan media. Produk dari penelitian ini merupakan media berbasis android. Penelitian dilaksanakan di tiga Sekolah Luar Biasa bagian Tunarungu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes. Metode angket untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan media dan kelayakan media. Metode tes untuk mengetahui hasil nilai pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon sign rank test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa tunarungu dan guru membutuhkan media pembelajaran terkini agar pembelajaran berjalan secara efektif dan menyenangkan, selain itu sekolah juga memberi dukungan dalam pengembangan media sebagai penunjang pembelajaran; (2) media pada model pembelajaran concept sentence dinyatakan layak dengan nilai kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli-ahli dan siswa tunarungu pada uji coba secara terbatas dan uji coba secara luas; dan (3) hasil uji keefektifan produk di Sekolah Luar Biasa bagian Tunarungu menunjukkan bahwa media pada model pembelajaran concept sentence efektif dalam peningkatan hasil belajar IPS siswa tunarungu.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Concept Sentence, Hasil Belajar IPS, Siswa Tunarungu

×
Penulis Utama : Istiqomah Putri Mirasandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S041708003
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Media pada Model Pembelajaran Concept Sentence untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Tunarungu Kelas Viii
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog Studi Pendidikan Luar Biasa-S041708003-2019
Kata Kunci : Pengembangan Media, Concept Sentence, Hasil Belajar IPS, Siswa Tunarungu
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.
2. Dr. Herry Widyastono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.