Penulis Utama : Yulita Rinaldi
NIM / NIP : H0813179
×

ABSTRAK

Diversifikasi Konsumsi Pangan adalah kondisi tercapainya pola konsumsi pangan yang beragam dan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan hayati dan norma gizi, cita rasa, sosial, ekonomi, budaya, serta agama. Kondisi ini dijadikan target pemerintah dalam sebuah program bernama Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP). Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo adalah salah satu wilayah yang dipilih sebagai pelaksana program tersebut  dengan sasaran pelaksana adalah kelompok wanita tani. Berdasarkan kenyataan tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi terhadap diversifikasi konsumsi pangan tingkat rumah tangga anggota kelompok wanita tani di Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber penyediaan bahan pangan, rumah tangga, keadaan diversifikasi konsmsi pangan, dan mengetahui pengaruh pengetahuan tentang pangan, total energi yang didapat dari hasil pekarangan, pendapatan rumah tangga serta pengeluaran untuk pangan terhadap diversifikasi konsumsi pangan tingkat rumah tangga anggota kelompok wanita tani di Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo.

Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan teknik survei. Lokasi penelitian yang dipilih adalah 3 desa di Kecamatan Nguter. Metode pemilihan sampel pada penelitian ini dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu anggota kelompok wanita tani di Kecamatan Nguter sebanyak 30 responden yang dibagi pada setiap desa 10 responden. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer sebagai data utama dan data sekunder sebagai data pendukung. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui sumber penyediaan bahan pangan adalah analisis deskriptif, skor Pola Pangan Harapan (PPH), regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua responden menyediakan bahan pangan dari membeli. Namun selain membeli, kelompok bahan pangan padi-padian, umbi-umbian, pangan hewani, sayuran dan buah juga menyediakan sendiri dari hasil pemanfaatan pekarangan maupun lahan sawah. Keadaan diversifikasi konsumsi pangan dilihat dari skor PPH menunjukkan skor PPH sebesar 106,8 dan melebihi skor standar 100. Faktor yang berpengaruh terhadap diversifikasi konsumsi pangan adalah total energi yang berasal dari pekarangan, pendapatan dan pengeluaran untuk pangan. Saran untuk penelitian ini yaitu emaksimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan khususnya tanaman sayur yang tumbuh subur di Kecamatan Nguter dan menambah variasi tanaman sayur lainnya yang berpotensi di daerah setempat.

×
Penulis Utama : Yulita Rinaldi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813179
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Diversifikasi Konsumsi Pangan Tingkat Rumah Tangga Anggota Kelompok Wanita Tani di Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Pertanian-H0813179-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Heru Irianto, M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.