Penulis Utama : Dwi Anjaswati Putri Hastari
NIM / NIP : G0115036
×

Stres pada caregiver lanjut usia terjadi karena banyaknya tugas keseharian yang harus dikerjakan bersamaan dengan tugas merawat lansia, serta tingkah laku lansia yang terkadang susah diatur. Stres caregiver lansia dapat dipengaruhi oleh berbagai variabel, diantaranya regulasi emosi dan spiritualitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan spiritualitas dengan stres pada caregiver lanjut usia, hubungan regulasi emosi dengan stres pada caregiver lanjut usia, dan hubungan spiritualitas dengan stres pada caregiver lanjut usia di Puskesmas Karangmojo 1, Gunungkidul.
Populasi penelitian ini adalah orang dewasa yang sedang memiliki tanggung jawab merawat lansia di Puskesmas Karangmojo 1, Gunungkidul, dengan sampel berjumlah 36 orang menggunakan purposive dan incidental sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala regulasi emosi (?=0,871), skala spiritualitas (?=0,921), dan skala stres caregiver lansia (?=0,905). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan F hitung>F tabel (5,074>3,285), sig. (p) 0,012<0 R=0,485. p=0,197>0,05, rx1y=-0,223, dan hasil uji parsial spiritualitas dengan stres caregiver lansia menunjukkan hasil p=0,037<0 rx2y=->Hasil penelitian menunjukkan, terdapat hubungan antara regulasi emosi dan spiritualitas dengan stres pada caregiver lanjut usia, tidak terdapat hubungan antara regulasi emosi dengan stres pada caregiver lanjut usia, dan terdapat hubungan antara spiritualitas dengan stres pada caregiver lanjut usia di Puskesmas Karangmojo 1, Gunungkidul.
Kata kunci: regulasi emosi, spiritualitas, stres caregiver lansia.

 

×
Penulis Utama : Dwi Anjaswati Putri Hastari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0115036
Tahun : 2019
Judul : Hubungan antara regulasi emosi dan spiritualitas dengan stres pada caregiver lanjut usia di Puskesmas Karangmojo 1, Gunungkidul
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0115036-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Istar Yuliadi, M.Si., FIAS
2. Rini Setyowati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.