Penulis Utama : Esdaniar Khoirunisa
NIM / NIP : S041608006
×

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  1)  mengetahui  pemahaman  kader Posyandu mengenai konsep autisme 2) Untuk mengetahui tingkat keterampilan kader Posyandu tentang cara melakukan deteksi dan intervensi dini pada anak autis usia balita. 3) Untuk mengetahui tingkat kebutuhan kader Posyandu terhadap panduan deteksi dan intervensi dini anak autis usia balita. 4) Untuk mengembangkan bentuk panduan deteksi dan intervensi dini anak  autis usia balita yang dapat digunakan oleh kader Posyandu. 5) Untuk mengetahui keefektifan panduan deteksi dini dan intervensi dini anak autis usia balita bagi kader Posyandu.
Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  design  research  oleh  Plopm  (2007) dengan tahapan penelitian sebagai berikut: 1) Preliminary research atau studi pendahuluan untuk mengetahui tingkat kebutuhan kader Posyandu terhadap panduan deteksi dan intervensi dini autis usia balita, mengetahui pemahaman kader Posyandu mengenai konsep autisme, dan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kader Posyandu tentang cara melakukan deteksi dan intervensi dini pada anak autistik usia balita. 2) Tahap prototyping atau tahap pengembangan produk. 3) Tahap assessment, untuk menilai ektifitas buku panduan untuk meningkatkan pengetahuan   kader Posyandu mengenai autise. Penelitian ini dilakukan di Surakarta, dengan subjek penelitian adalah kader Posyandu yang ada di Kota Surakarta. Pengumpulan  data  menggunakan  angket  yang  sudah  melalui  validasi  ahli.  Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kader Posyandu mengenai istilah  autisme  cukup  tinggi.  Keterampilan  kader  Posyandu  tentang  deteksi  dan intervensi dini anak autis masih rendah. Tingkat kebutuhan kader Posyandu terhadap panduan deteksi dan intervensi dini anak autis usia balita tinggi. Pada tahap pengembangan produk, dihasilkan bentuk panduan deteksi dini dan intervensi dini anak autis usia balita untuk kader Posyandu berupa buku panduan yang terdiri dari 4 bab, Bab  1  mengenai konsep  autisme,  Bab  2  mengenai  deteksi  dini  anak  autis,  Bab  3 mengenai intervensi dini anak autis, dan Bab 4 mengenai tindak lanjut pelaksanaan deteksi dini dan  intervensi anak  autis.  Buku  panduan tersebut  mendapat  nilai yang tinggi dari tim validator. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa buku panduan efektif dalam meningkatkan pengetahuan kader posyandu mengenai autisme.

Kata Kunci    : Autis, Deteksi Dini, Intervensi Dini, Kader Posyandu.

 

×
Penulis Utama : Esdaniar Khoirunisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S041608006
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Panduan Deteksi dan Intervensi Dini Autis Usia Balita untuk Kader Posyandu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog Studi Pendidikan Luar Biasa-S041608006-2019
Kata Kunci : Autis, Deteksi Dini, Intervensi Dini, Kader Posyandu.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Ravik Karsidi, M.S.
2. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.