Penulis Utama : Avita Jayanti
NIM / NIP : K5115008
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match terhadap penyusunan struktur kalimat bahasa Indonesia bagi anak tunarungu kelas VI di SLB B YRTRW Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen bentuk pre-experimental desain one group pre test-post test design. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SLB B YRTRW Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 8 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan tes tertulis berupa tes objektif (rearrangement exercises) dan tes subjektif yang dilakukan beberapa kali (kumpulan tugas). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan uji rangking bertanda dari Wilcoxon Sign Rank Test.
Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata post test lebih besar dari pada nilai pre test yaitu 54,88 menjadi 77,38. Selanjutnya, hasil analisis dari uji ranking bertanda Wilcoxon Sign Rank Test diketahui menunjukkan nilai Zhitung = -2,521 dengan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,012 dan taraf signifikansi ? = 0,05 atau 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif make a match berpengaruh terhadap penyusunan struktur kalimat bahasa Indonesia bagi anak tunarungu kelas VI di SLB B YRTRW Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.


Kata kunci: Pengaruh, make a match, struktur kalimat, anak tunarungu.

×
Penulis Utama : Avita Jayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5115008
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match terhadap penyusunan struktur kalimat Bahasa Indonesia bagi anak tunarungu kelas VI di SLB B YRTRW Surakarta tahun pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5115008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Priyono, S.Pd, M.Si.,
2. Arsy Anggrellanggi, S.Pd. M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.