Penulis Utama : Laila Mei Harini
NIM / NIP : D1416027
×

ABSTRAK

Berita merupakan informasi yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Termasuk sebuah program berita di televisi. Di balik sebuah program berita, tak lepas dari peran para wartawan yang bekerja keras memburu berita di seluruh pelosok daerah. Selain para reporter yang melaporkan secara langsung, terdapat juga para kontributor daerah yang bertugas meliput peristiwa di wilayah tempat ia ditugaskan. Mereka melakukan kegiatan peliputan mulai dari survei tempat, mencari narasumber, mengambil gambar, melakukan proses editing, penulisan naskah, hingga akhirnya dikirim ke redaksi pusat untuk ditinjau dan dapat disiarkan di program acara berita.
Hampir semuia stasiun televisi yang memiliki program berita mempunyai kontributor di setiap daerah. Mereka bekerja tanpa didampingi crew dari pusat. Kelengkapan gambar dan informasi menjadi titik utama dari berita yang harus dikirim. Di beberapa kesempatan untuk melengkapi konten berita, para kontributor juga dituntut melakukan laporan langsung di tempat kejadian. Dalam menyelesaikan Tugas Akhir, penulis wajib melaksanakan Kuliah Kerja di sebuah instansi atau media. Di kesempatan kali ini, penulis melaksanakan Kuliah Kerja di TvOne biro Yogyakarta dengan ditugaskan sebagai reporter yang
meliput berita di wilayah Yogyakarta. Dalam melaksanakan tugasnya, penulis banyak mengikuti proses peliputan berita bersama para kontributor TvOne Yogyakarta. Di daerah Yogyakarta terdapat 5 kontributor TvOne, diantaranya kontributor kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, dan Kulon Progo. Penulis ikut serta dalam pengambilan gambar, wawancara narasumber, serta menulis naskah. Dan dari hasil Kuliah Kerja selama dua bulan, selain penulis mengerti dan dapat menyaksikan secara langsung bagaimana cara kerja kontributor dalam meliput berita di lapangan, penulis juga mengetahui proses live report berita di TvOne biro Yogyakarta. Mulai dari proses survei lokasi, mencari informasi narasumber, hingga persiapan peralatan untuk siaran live. Penulis ikut terjun dalam semua kegiatan yang berhubungan dengan proses peliputan berita. Di beberapa siaran live, penulis juga diberi kesempatan mengambil gambar untuk dijadikan video tapping ketika siaran langsung.
 
Kata Kunci : Televisi, Berita, Kontributor, TvOne.

 

×
Penulis Utama : Laila Mei Harini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416027
Tahun : 2019
Judul : Peran Kontributor Berita Dalam Proses Peliputan Berita Di Tvone Biro Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1416027 -2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lipuring Tyas Wiji A., S.Sos., M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.