Penulis Utama : Syahrul Nur Abidin
NIM / NIP : S831302075
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: pendekatan penemuan melalui metode demonstrasi dan eksperimen, kemampuan berfikir kritis,kreativitas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan dari bulan Januari-Mei 2016. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karas tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diperoleh dengan teknik clusterrandom sampling yang terdiri dari dua kelas, VII-1dan VII-2. KelasVII-1 diberi pembelajaran dengan metode eksperimen dan kelas VII-2 diberi pembelajaran dengan metode demonstrasi. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk hasil belajar, angket untuk kemampuan berfikir kritis dan kreativitas. Hipotesis diuji meggunakan ANAVA dengan desain faktorial 2x2x2 sel tak sama dengan bantuan software SPSS versi 21 Dari hasil analisis data disimpulkan: 1) ada perbedaan hasil belajar fisika terhadap penggunaan metode eksperimen dan metode demonstrasi, maka metode pembelajaran memberikan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar, 2)ada perbedaan hasil belajar terhadap kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah, yang berarti bahwa kemampuan berpikir kritis memberikan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar, 3) ada perbedaan hasil belajar terhadap kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, yang berarti bahwa kreativitas memberikan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar, 4) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan cara berpikir kritis siswa yang berarti metode pembelajaran dan cara berpikir kritis siswa secara bersama-sama tidaklah memberikan hasil yang signifikan terhadap prestasi belajar, 5) ada interaksiantara metode pembelajaran dengan kreativitas siswa yang berarti bahwa metode pembelajaran dan kreativitas siswa secara bersama-sama memberikan hasil yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, 6) tidak ada interaksi antara cara berpikir kritis siswa dengan kreativitas siswa yang berarti cara berpikir kritis siswa dan kreativitas siswa secara bersama-sama tidaklah memberikan hasil yang
xiv
signifikan terhadap prestasi belajar, 7) ada interaksi antara metode pembelajaran, caraberpikir kritis siswa, dan kreativitas siswayang berarti metode pembelajaran, cara berpikir kritis siswa, dan kreativitas siswa secara bersama-sama memberikan hasil yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Pendekatan Penemuan, Metode Eksperimen, Metode Demonstrasi, BerfikirKritis,Kreativitas.

 

×
Penulis Utama : Syahrul Nur Abidin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831302075
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran ipa terpadu dengan model penemuan melalui metode demonstrasi dan eksperimen ditinjau dari bepikir kritis dan kreativitas belajar siswa (materi sudu dan kalor kelas VII SMP N 1 Karas tahun ajaran 2015-2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan Sains-S831302075-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Sarwanto, M. Si.
2. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.