Penulis Utama : Fery Dwi Reginasari
NIM / NIP : K7615023
×

ABSTRAK

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji adanya  pengaruh literasi membaca dan pemanfataan perpustakaan terhadap prestasi belajar Ekonomi Makro mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret.  

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah  mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2015-2018 berdasarkan pembebanan bobot SKS Ekonomi Makro. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel adalah 171 responden. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) literasi membaca berpengaruh  positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Ekonomi Makro 6 sks dan 3 sks (2) pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Ekonomi Makro 6 sks dan 3 sks (3) literasi membaca dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Ekonomi Makro 6 sks dan 3 sks. Nilai R square Ekonomi Makro 6 sks sebesar 42,1%, sumbangan efektif literasi membaca sebesar 26,4% dan pemanfaatan perpustakaan 15,7%. dan Ekonomi Makro 3 sks sebesar 38,8%, sumbangan efektif literasi membaca sebesar 29,2% dan pemanfaatan perpustakaan 9,6%, sedangkan sisanya (100%-R Square) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengaruh literasi membaca dan pemanfaatan perpustakaan lebih besar pada Ekonomi Makro 6 SKS dibandingkan dengan Ekonomi Makro 3 SKS dalam satu semester. Artinya, semakin besar beban SKS yang ditanggung mahasiswa berpengaruh terhadap ketersediaan waktu belajar mahasiswa maka semakin tinggi literasi membaca dan pemanfaatan perpustakaannya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi Makro begitu juga sebaliknya. 

Kata kunci: literasi membaca, pemanfaatan perpustakaan, prestasi belajar, Ekonomi Makro. 

 

×
Penulis Utama : Fery Dwi Reginasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615023
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Literasi Membaca dan Pemanfaatan Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Makro pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Ekonomi-K7615023-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M.Si.
2. Salman Alfarisy Totalia, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.