Penulis Utama : Evi Handayani
NIM / NIP : H1915009
×

ABSTRAK

Singkong (Manihot utilissima) merupakan bahan pangan karbohidrat tertinggi ketiga setelah padi dan jagung yang termasuk salah satu komoditas cukup penting di Indonesia sehingga perlu dikembangkan dalam hal diversifikasi pangan. Kehidupan modern menuntut manusia untuk bergerak cepat dan menginginkan sesuatu serba cepat termasuk dalam hal makanan.
Makanan siap saji merupakan makanan yang dikemas, mudah disajikan, praktis atau diolah dengan cara sederhana. Singkong siap saji merupakan salah satu diversifikasi pangan yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam mengkonsumsi singkong dengan cepat dan praktis khususnya untuk daerah yang tidak terdapat singkong. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh varietas singkong terhadap karakteristik singkong siap saji, jumlah total mikroba singkong siap saji setelah 7 hari penyimpanan suhu dingin dan mengetahui varietas singkong terbaik dalam pembuatan singkong siap saji.
Penelitian ini menggunakan lima varietas singkong lokal daerah Karanganyar. Analisis yang dilakukan yaitu analisis fisik (hardness dan adhesiveness), kimia (kadar air, abu, pati, amilosa), sensoris dan total mikroba. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), setiap perlakuan terdiri dari 3 kali ulangan sampel. Data yang diperoleh dianalisis statistik dengan One Way ANOVA. Jika hasil berbeda nyata, maka dilanjutka dengan uji DMRT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas singkong berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, kadar pati, kadar amilosa, sensoris, jumlah total mikroba serta tekstur kekerasan (hardness), namun tidak berpengaruh nyata terhadap teksur kelengketan (adhesiveness). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh varietas singkong Ketan merupakan varietas terbaik dalam pembuatan singkong siap saji, dengan hasil kadar air 76,347%, kadar abu 0,503%, kadar pati 23,467%, kadar amilosa 10,203%, kekerasan 4,26 N dan kelengketan 1,63mJ.

Kata kunci: singkong siap saji, varietas, tekstur, analisa kimia, TPC, sensoris.

 

×
Penulis Utama : Evi Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1915009
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Perbedaan Varietas Singkong (Manihot utilissima) terhadap Karakteristik Singkong Siap Saji Selama Penyimpanan Dingin
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Dan Teknologi Pangan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Prodi. Teknologi Pertanian - H1915009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Bambang Sigit Amanto, M.Si.
2. Godras Jati Manuhara, S.T.P., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.