Penulis Utama : Wahid Ibnu Nugroho
NIM / NIP : K1213077
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) latar belakang Dukut Wahyu Nugroho dan karyanya; (2) kritik sosial dalam naskah drama The Dukun karya Dukut Wahyu Nugroho; (3) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama The Dukun karya Dukut Wahyu Nugroho, dan (4) relevansi naskah drama The Dukun karya Dukut Wahyu Nugroho sebagai bahan ajar sastra di SMA.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling, yaitu pemilihan sampel disesuaikan dengan masalah, kebutuhan, dan kemantapan peneliti dalam memperoleh data. Sumber data penelitian ini terdiri dari dokumen berupa naskah drama The Dukun karya Dukut Wahyu Nugroho dan informan, kemudian pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui kajian dokumen dan wawancara. Uji Validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa naskah drama The Dukun di samping alurnya yang ringan dan dapat dipentaskan dalam pembelajaran SMA juga memberikan pesan moral yang mendalam bagi pembacanya. Pengaluran cerita yang runtut dapat dijadikan objek penelitian untuk menambah wawasan mengenai sosiologi sastra sehingga dapat diimplementasikan secara langsung kedalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA dengan memperhatikan SK/KD yang digunakan.

Kata Kunci: kritik sosial, nilai pendidikan karakter, naskah drama, pembelajaran sastra

×
Penulis Utama : Wahid Ibnu Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213077
Tahun : 2017
Judul : Kritik sosial dan nilai pendidikan karakter dalam naskah drama The Dukun karya Dukut Wahyu Nugroho dan relevansinya dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (tinjauan sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-K1213077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.,
2. Sri Hastuti, S.S, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.