Penulis Utama : Julius Kurnia Andre Kusuma
NIM / NIP : F1117035
×

Jalan tol merupakan sarana dalam penghubung antar daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah tol Ngawi Solo.       Pembangunan jalan tol secara langsung maupun tidak langsung akan menyebabkan beberapa dampak bagi masyarakat sekitar area jalan tol. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dampak jalan tol terhadap faktor sosial ekonomi dan lingkungan pada jalur Ngawi Solo.

Objek yang diteliti adalah masyarakat yang berada di area gerbang tol Ngawi yakni dusun Madiasri, desa Jururejo, kabupaten Ngawi. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik pembahasan yang digunakan yaitu berupa analisis deskriptif dengan menjelaskan segala informasi secara sistematis, faktual dan akurat berdasarkan fakta yang akan diteliti.

Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembangunan jalan tol memiliki pengaruh positif terhadap kesejahteraan sosial yang dapat meningkatkan sosial ekonomi masyarakat sekitar tol. Akan tetapi pembangunan jalan tol membawa dampak buruk bagi lingkungan yakni menyebabkan daerah resapan air berkurang.

Penulis menyarankan bagi pemerintah untuk dapat meninjau kembali wilayah yang akan dibangun guna mengurangi dampak negatif yang dihasilkan. Tidak hanya mementingkan pertumbuhan ekonomi, tetapi tetap harus memerhatikan faktor lingkungan.

 

×
Penulis Utama : Julius Kurnia Andre Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117035
Tahun : 2019
Judul : Analisis Dampak Jalan Tol terhadap Faktor Sosial Ekonomi dan Lingkungan pada Jalur Ngawi Solo (Studi Kasus Area Gerbang Tol Ngawi Dusun Madiasri, Desa Jururejo Kabupaten Ngawi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F1117035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Albertus Maqnus Soesilo, MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.