Penulis Utama : Kinanthi Rahayu
NIM / NIP : D1516059
×

Dari tahun ke tahun jumlah nasabah Pegadaian mengalami perkembangan yang signifikan mengingat keingintahuan masyarakat dan minat masyarat terhadap produk-produk yang diberikan oleh PT Pegadaian (Persero). Salah satu produk yang paling banyak diminati oleh masyarakat yaitu  Kredit Cepat Aman (KCA) karena prosesnya yang mudah dan cepat cukup dengan membawa identitas diri dan barang yang akan dijadikan agunan. Dengan adanya Kredit Cepat Aman (KCA) ini masyarakat lebih mudah dan lebih cepat dalam mendapatkan pinjaman.

Prosedur pemberian dan pelunasan kredit gadai yaitu serangkah langkah-langkah atau kegiatan PT Pegadaian (Persero) yang diberikan oleh masyarakat dengan cara memberikan pinjaman dalam jangka waktu tertentu atas dasar hukum gadai dan persyaratan yang telah ditetapkan dan berorientasi pada barang jaminan atau agunan mulai dari pemberian pinjaman sampai dengan pelunasan kredit.

Jenis pengamatan yang digunakan dalam pengamatan ini adalah Observasi Berperan yaitu dengan mendatangi peristiwa, kehadiran pengamat di lokasi sudah menunjukkan peran yang paling pasif, sebab kehadirannya sebagai orang asing diketahui oleh yang diamati, dan bagaimana hal itu membawa pengaruh pada yang diamati dan penulis terlibat langsung dalam kegiatan di lokasi tersebut selama 1 (satu) bulan.

Hasil dari pengamatan yaitu prosedur pemberian dan pelunasan Kredit Cepat Aman (KCA) PT Pegadaian (Persero) Cabang Wonogiri yang digunakan sederhana, dimulai dari nasabah datang ke outlet Pegadaian dengan membawa identitas diri dan barang yang akan dijadikan agunan, mengisi Formulir Permohona Kredit (FPK), penyerahkan Formulir Permohonan Kredit (FPK) dan barang jaminan dan selanjutnya dilakukan penaksiran harga dan pinjaman oleh penaksir. Setelah disepakati harga dan pinjaman kemudian petugas menginput data nasabah dan data kredit nasabah ke aplikasi Pegadaian Application Support System Integrated Online (PASSION) untuk melakukan pencetakan Surat Bukti Kredit (SBK). Kendala yang dihadapi pada saat proses transaksi berlangsung yaitu server komputer yang terhubung ke internet terputus sehingga proses transaksi menjadi terhambat dan nasabah harus menunggu untuk menerima nota kredit. Untuk mengatasi kendala tersebut, petugas mengalihkan server yang tidak terkena gangguan agar proses transaksi tetap berjalan dengan lancar.

Kata Kunci : Prosedur, Kredit Cepat Aman (KCA).

×
Penulis Utama : Kinanthi Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516059
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Pemberian dan Pelunasan Kredit Gadai Cepat Aman (KCA) di PT Pegadaian (Persero) Cabang Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1516059-2020
Kata Kunci : Prosedur, Kredit Cepat Aman (KCA).
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.