Penulis Utama : Aulia Izdiyana Andy
NIM / NIP : D1519016
×

ABSTRAK

Aulia Izdiyana Andy. D1519016. Prosedur Pemberian Kredit Produk Gadai Fleksi di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Karanganyar. Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta 2022. 70 halaman

PT Pegadaian (Persero) merupakan lembaga keuangan pengkreditan yang dikelola oleh pemerintah berperan sebagai penyaluran uang pinjaman atas dasar hukum gadai. Gadai diartikan sebagai pemberian pinjaman secara mudah,cepat,aman. Nasabah mempercayakan jasa kredit sebagai sumber pembiayaan yang dibutuhkan. PT Pegadaian (Persero) memiliki berbagai macam produk salah satu produk saat ini unggul khususnya di kantor cabang Karanganyar adalah produk gadai fleksi. Pengamatan dalam tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pemberian kredit produk gadai fleksi PT Pegadaian (Persero) Cabang Karanganyar serta mengidentifikasi kendala terkait pelaksanaan prosedur pemberian kredit produk gadai fleksi PT Pegadaian (Persero) Cabang Karanganyar.

Jenis pengamatan yang digunakan dalam pelaporan tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen.

Prosedur pemberian kredit produk gadai fleksi meliputi permohonan kredit, pencairan kredit dan pelunasan kredit, Pada permohonan kredit diawali dengan pengajuan permohonan kredit, pengisian formulir, pengecekan formulir dan barang jaminan, penaksiran barang jaminan, konfirmasi jumlah uang pinjaman, penginputan barang jaminan, pencetakan surat bukti kredit, dan penyerahan barang jaminan. Pada pencairan kredit diawali dengan penginputan nomor kredit nasabah, pencetakan nota transaksi, penandatanganan nota transaksi kredit, pencairan dana sekaligus penyerahan nota transaksi bersamaan dengan surat bukti kredit. Pada pelunasan kredit pembayaran dilakukan dengan dua cara yaitu dapat dibayar dengan cicil atau juga bisa langsung ditebus. Pembayaran secara cicil dimulai dengan pemberitahuan uang pinjaman nasabah, melakukan pembayaran uang pinjaman dan sewa modal, pencetakan nota transaksi kredit kedua, penyerahan nota transaksi kredit dan SBK. Sedangkan pembayaran secara tebus diilakukan dengan memberitahukan uang pinjaman melalui aplikasi Passion, pencetakan dan penandatanganan nota transaksi tunai, penyerahan nota transaksi dan SBK, pengambilan barang jaminan, pencetakan sekaligus penandatangan nota pengambilan barang jaminan. Pada setiap pelaksanaannya terdapat kendala yaitu penggunaan fasilitas sarana dan prasarana yang tidak sesuai ketentuan penggunaan dan ketidakpatuhan nasabah terhadap SOP yang telah ditetapkan di PT Pegadaian (Persero) Cabang Karanganyar.

 

Kata Kunci : Prosedur, Pemberian Kredit, Gadai Fleksi

×
Penulis Utama : Aulia Izdiyana Andy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1519016
Tahun : 2022
Judul : Prosedur Pemberian Kredit Produk Gadai Fleksi di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Prosedur, Pemberian Kredit, Gadai Fleksi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Retno Suryawati M.Si
Penguji : 1. Irsyadul Ibad, S.AB., M.Ed, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.