Penulis Utama : Adzkia Andriani
NIM / NIP : R0213001
×

Latar Belakang : Data BPS (2016) mencatat bahwa terjadi peningkatan angka kecelakaan sebesar 3,19?ri tahun 2014.  Meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas ini tidak sesuai dengan tujuan global Sustainable Development Goals untuk menurunkan 50% angka kematian dan cidera akibat kecelakaan lalu lintas. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu dilakukan penanganan faktor penyebab  kecelakaan, perilaku pengendara salah satunya. Perilaku berkendara berkaitan erat dengan pengetahuan dan sikap. Berdasarkan observasi awal, 43?ri 21 pengendara ojek online X memiliki pengetahuan yang masih di bawah rata-rata. Oleh sebab itu diperlukan sebuah program safety riding untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap aman berkendara yang menjadi tujuan dari penelitian ini.
 
Metode : Jenis penelitian ini adalah experimental research desain one-group pretest post-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 87 orang. Sampel diambil dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi serta menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan 72 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner pengetahuan, kuesioner sikap dan lembar identitas. Analisis bivariat variabel penelitian menggunakan uji Wilcoxon.
 
Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi program Safety Riding (p value = < 0 xss=removed> 
Simpulan : Program Safety Riding efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap aman berkendara pada pengendara ojek online X Surakarta.
 
Kata Kunci : Safety Riding, Pengetahuan, Sikap Aman Berkendara, Ojek Online

×
Penulis Utama : Adzkia Andriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0213001
Tahun : 2017
Judul : Program safety riding untuk meningktakan pengetahuan dan sikap aman berkendara pengendara ojek online X Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0213001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khotijah, S.K.M., M.Kes.
2. Lusi Ismayenti, ST., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.