Penulis Utama : Syarifah
NIM / NIP : S021508059
×

Latar Belakang: Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan penyakit yang kini menjadi isu global karena menjadi pintu gerbang penularan HIV. Wanita pekerja seks (WPS) memiliki risiko tinggi tertular dan menularkan IMS serta HIV/AIDS karena perilaku seks yang tidak aman. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan perilaku seks yang aman untuk pencegahan infeksi menular seksual pada wanita pekerja seks di Kota Surakarta.
Subjek dan Metode: Desain penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional.  Penelitian dilakukan di Kota surakarta pada bulan Desember 2017 hingga Januari 2018. Besar sampel 105 subjek, dengan menggunakan fixed disease sampling. Variabel dependen yaitu perilaku seks yang aman. Variabel independen yaitu persepsi kerentanan, persepsi keseriusan, persepsi manfaat, persepsi hambatan, persepsi ancaman, cues to action dan efikasi diri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur menggunakan SPPS AMOS 20.
Hasil: Perilaku seks yang aman meningkat dengan persepsi ancaman yang kuat (b=0,191, SE=0.05, p=0.03), efikasi diri yang tinggi (b=0.35, SE=0.12, p <0 b=0.29, xss=removed p=0.002). b=-0.29, SE=0.06, p=0.002).>Kesimpulan: Perilaku seks yang aman dipengaruhi secara positif oleh persepsi manfaat, persepsi ancaman dan efikasi diri. Perilaku seks yang aman dipengaruhi secara negatif oleh persepsi hambatan. Persepsi keseriusan, persepsi hambatan dan cues to action mempengaruhi secara tidak langsung perilaku seks yang aman melalui persepsi ancaman.

Kata Kunci: Perilaku Seks, Seks aman, IMS, WPS

×
Penulis Utama : Syarifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021508059
Tahun : 2019
Judul : Determinan Perilaku Seks yang Aman untuk Pencegahan Infeksi Menular Seksual Pada Wanita Pekerja Seks di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Minat Epidemiologi dan Biostatistik-S021508059-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Argyo Demartoto, M.Si.
2. Ir. Ruben Dharmawan, dr, Ph.D., Sp.Par.K.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.