Penulis Utama : Giras Refindasasti
NIM / NIP : G0016093
×

Peran keluarga untuk merawat dan mendukung anggota keluarganya yang sedang sakit disebut caregiver. Keintiman dalam keluarga menjadi hal penting bagi caregiver pasien skizofrenia. Di negara-negara Barat, antara 50% dan 80% pasien dengan skizofrenia berhubungan dekat dengan saudara dan teman mereka. Masalahmasalah akibat perawatan pasien skizofrenia yang dialami caregiver membuat ekspresi emosinya cenderung meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keintiman keluarga dengan tingkat ekspresi emosi caregiver pasien skizofrenia. Metode. Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan crosssectional. Metode pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah 94 subjek penelitian. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Variabel dependen pada penelitian ini adalah ekspresi emosi. Variabel independen pada penelitian ini adalah keintiman keluarga. Data didapatkan dari kuesioner dan dianalisis dengan metode analisis bivariat uji Korelasi Pearson. Jika distribusi data tidak normal, maka menggunakan uji non parametrik yaitu uji Korelasi Spearman.
Hasil. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara tingkat keintiman keluarga dengan tingkat ekspresi emosi (p = 0,421). Hubungan tingkat keintiman memiliki hubungan yang sangat lemah dengan data tidak searah atau jika tingkat keintiman keluarga tinggi maka tingkat ekspresi emosi rendah begitupun sebaliknya (r = -0,084).  
Simpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tingkat keintiman keluarga dengan tingkat ekspresi emosi pada caregiver pasien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta memiliki hubungan tidak signifikan dengan arah negatif yang sangat lemah.

Kata Kunci: keintiman keluarga, ekspresi emosi, caregiver, skizofrenia.
 

×
Penulis Utama : Giras Refindasasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016093
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Tingkat Keintiman Keluarga dengan Tingkat Ekspresi Emosi Caregiver Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. Kedokteran-G0016093-2020
Kata Kunci : keintiman keluarga, ekspresi emosi, caregiver, skizofrenia.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. I Gusti Bagus Indro Nugroho, dr.,Sp.KJ
2. Dian Nugroho, dr., MMedEd,
3. dr. Rh Budhi Muljanto, Sp.KJ
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.