Penulis Utama : Langgeng Bangkit Utomo
NIM / NIP : F3614062
×

ABSTRAK

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten,Tbk Kantor Cabang Surakarta adalah salah satu bank yang memiliki produk kredit yang menyasar para pensiunan. Produk kredit tersebut adalah Kredit Purna Bhakti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi di dalam memasarkan Kredit Purna Bhakti, hambatan yang dihadapi, cara mengatasi hambatan, dan perkembangan realisasi Kredit Purna Bhakti. teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik pembahasan yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metode analisis deskriptif.
Pembahasan penelitian ini menjelaskan strategi yang dilakukan Bank bjb Kantor Cabang Surakarta dalam memasarkan Kredit Purna Bhakti dengan menerapkan strategi promosi yang penerapannya dengan penjualan perseorangan, publisitas, dan iklan. Kendala yang dihadapi dalam memasarkan Kredit Purna Bhakti adalah bank pendatang baru, jaringan bank terbatas, dan mindset masyarakat tentang penyaluran dana pensiun. Cara mengatasi hambatan yaitu dengan melakukan branding, membuka jaringan baru, dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Perkembangan realisasi Kredit Purna Bhakti untuk Number Of Account (NOA) tahun 2014 dengan yaitu 96 orang, kemudian pada tahun 2015 145 orang dan pada tahun 2016 yaitu sebanyak 350 orang. Untuk nominal realisasinya pada tahun 2014 dana yang terealisasi sebesar Rp   7.598.000.000,00, kemudian pada tahun 2015 sebesar Rp 15.582.000.000,00, dan pada tahun 2016 sebesar Rp 46.441.000.000,00.
Kesimpulan penelitian ini adalah Bank bjb menerapkan startegi promosi di dalam memasarkan produknya, hambatan yang paling besar yaitu Bank bjb sebagai bank pendatang baru sehingga belum banyak dikenal masyarakat, dan cara mengatasinya yaitu dengan melakukan branding agar masyarakat dapat mengenal Bank bjb. Saran kepada Bank bjb Kantor Cabang Surakarta yaitu lebih aktif untuk ambil bagian di berbagai event di Kota Surakarta, ebih aktif di dalam menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintahan dan komunitas pensiunan, dan emberikan promo dan hadiah kepada nasabah yang memberikan referensi tentang adanya potensi debitur baru.
Kata Kunci: Kredit Purna Bhakti, Strategi Pemasaran, Hambatan Pemasaran,
                     Perkembangan Realisasi Kredit

 

×
Penulis Utama : Langgeng Bangkit Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614062
Tahun : 2017
Judul : Strategi Pemasaran Kredit Purna Bhakti pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten,Tbk Kantor Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prodi. DIII Keuangan dan Perbankan - F3614062-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 2. Dra. Nunung Sri Mulyani, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.