Penulis Utama : Dewi Saraswati
NIM / NIP : D0315017
×

digil1b

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perubahan sosial dan ekonomi pada PSK remaja. Penelitian ini dilakukan di Panti Pelayanan Sosial Wanita “Wanodyatama” Surakarta karna sebagian besar wanita yang direhabilitasi merupakan remaja. Teori yang digunakan pada peneitian ini yaitu teori praktik sosial menurut Bourdieu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode fenomenologi, dimana penelitian ini berusaha menjabarkan perubahan sosial ekonomi remaja mulai dari sebelum menjadi PSK, saat menjadi PSK dan pada saat berada di panti rehabilitasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung dan penelitian arsip-arsip serta dokumen yang ada di Panti. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Validitas data yang digunakan untuk memantapkan kesimpulan penelitian yaitu dengan menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif yang di kembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa penyebab remaja menjadi PSK memiliki beberapa faktor yakni menggunakan teori Praktik oleh Bourdieu, yang menyatakan bahwa subjek atau agen bertindak dalam kehidupannya sehari-hari dipengaruhi oleh struktur atau aturan yang ada dalam masyarakat dan memiliki konsep penting mengenai teori tersebut yaitu habitus, modal (capital) dan ranah. Perubahan sosial yang dialami selama menjalani profesi sebagai PSK sampai mereka berada di Panti rehabilitasi yaitu perubahan dalam personel, adanya perubahan relasi dalam struktur sosial, perubahan dalam fungsi - fungsi struktur, perubahan dalam hubungan antar struktur yang berbeda, dan kemunculan struktur yang baru. Selain itu terdapat pula empat komponen perubahan ekonomi yang dialami oleh informan, yaitu pendidikan, status sosial, pendapatan, dan alokasi pendapatan. Akan tetapi selama menjalani proses rehabilitasi di Panti Pelayanan Sosial Wanita “Wanodyatama” Surakarta dengan menjalani seluruh rangkaian proses dan bimbingan yang diberikan, infroman mengalami perubahan ke arah yang positif karena realitas menunjukan bahwa adanya kegiatan pelayanan dan rehabilitasi sosial yang diperuntukkan bagi PSK remaja sangat bermanfaat dan mengalami perubahan untuk mengembalikan harga diri, kepercayaan diri, tanggung jawab sosial dalam melaksanakan fungsi sosialnya dan yang paling penting dapat menyadarkan bahwa pekerjaan yang selama ini dilakukan merupakan penyakit masyarakat yang harus diberantas karena pekerjaan tersebut bisa merusak moral bangsa ini.
Kata kunci : perubahan sosial ekonomi, PSK remaja, pemberdayaan.

×
Penulis Utama : Dewi Saraswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0315017
Tahun : 2019
Judul : “Perubahan Sosial Ekonomi Pekerja Seks Komersial Remaja di Panti Pelayanan Sosial Wanita “Wanodyatama” Surakarta”
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0315017-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Rahesli Humsona, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.