Penulis Utama : Anggita Alviana Ariesati
NIM / NIP : K1514012
×

Mengangkat isu pemanasan global yang sedang terjadi, sekarang ini banyak dikembangkan inovasi-inovasi baru dalam hal pembangunan  hunian rumah yang bersifat ramah lingkungan. Salah satunya adalah green home atau rumah ramah lingkungan. Untuk mewujudkan green home dibutuhkan partisipasi banyak pihak mulai dari pelaksana, pemerintah sampai dunia pendidikan sebagai pencetak praktisi dibidang bangunan. Tujuan dari pelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep green home pada kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Sipil/Bangunan.

Penelitian ini termasuk ke dalam metode   penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Proses pengambilan dan pengolahan data dilaksanakan pada bulan Februari- Oktober  2018.  Penelitian  dilakukan  di   Program  Studi  Pendidikan  Teknik  Bangunan Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri Semarang serta Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Uiversitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan data yang digunakan peneliti meliputi observasi, wawancara, kuisioner, dan studi dokumen. Adapun yang menjadi informan wawancara dan kuisioner adalah dosen sejumlah 9 orang dan mahasiswa sejumlah 39 orang. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif.

Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil  bahwa konsep green home sudah diterapkan pada kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Sipil/Bangunan di wilayah  Jawa  Tengah  dan  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  walaupun  pada  pelaksanaannya belum bisa maksimal. Penerapan dilakukan dalam bentuk penyisipan konsep green home pada materi pembelajaran tertentu yang dirasa relevan dengan materi green home. Dikatakan belum maksimal karena masih terdapat hambatan dalam pelaksanaannya salah satunya adalah masalah waktu. Peran serta Program Studi dalam mengawal penerapan konsep green home  di lingkungan Program Studi juga belum maksimal. SDM tenaga pengajar atau dosen yang sudah  berkompeten  belum  sepenuhnya  didukung  dengan  sarana  prasarana  yang  ada  di kampus guna mewujudkan penerapan konsep green home secara maksimal.

Kata kunci: green home, kurikulum, Pendidikan Teknik Sipil/Bangunan

×
Penulis Utama : Anggita Alviana Ariesati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514012
Tahun : 2019
Judul : Kajian Penerapan Konsep Green Home pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Teknik Sipil/Bangunan (Studi Kasus Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta).
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Teknik Bangunan-K1514012-2019
Kata Kunci : green home, kurikulum, Pendidikan Teknik Sipil/Bangunan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anis Rahmawati, S.T.,M.T.
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T.,M.T.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp Unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.