Penulis Utama : Istiqomah Nugraheny
NIM / NIP : K2315039
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) menjelaskan kharakteristik modul pembelajaran Fisika materi Gerak Melingkar yang dikembangkan; (2) menjelaskan cara mengembangkan modul pembelajaran Fisika materi Gerak Melingkar agar memenuhi kriteria baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development dengan  model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan modul hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan ADDIE yaitu analysis, design, development. Sumber data dari 1 Ahli Materi, 1 Ahli Media dan Bahasa, 3 guru Fisika SMA, 3 siswa untuk uji coba satu-satu, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 89 siswa untuk uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian pengembangan: (1) Kharakteristik modul pembelajaran yang dikembangkan yaitu menggunakan software LCDS sebagai software utama. Modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan mendukung pembelajaran yang interaktif. Artinya modul pembelajaran elektronik difasilitasi  dengan gambar, video fenomena, simulasi yang didampingi dengan LKPD, dan soal interaktif yang mana siswa bisa langsung menjawab soal di dalam modul. Modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan juga mendukung pembelajaran mandiri. Artinya siswa dapat belajar sendiri dengan didampingi modul pembelajaran elektronik LCDS, karena di dalam modul ini setelah konten pengerjaan LKPD terdapat kesimpulan LKPD yang didalamnya terdapat pembahasan LKPD dan terdapat soal-soal interaktif yang disertai dengan pembahasannya. Sehingga modul yang dikembangkan ini dapat digunakan oleh siswa baik secara mandiri maupun dibawa ke dalam proses pembelajaran di kelas. (2) Berdasarkan validasi Ahli Materi, Media dan Bahasa serta dari hasil ketiga uji coba kualitas modul yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik. Prosedur pengembangan modul: (a) tahap persiapan dengan menyusun materi serta menentukan aplikasi pendukung yang akan digunakan, (b) tahap pembuatan masing-masing konten, (c) tahap penyelesaian pembuatan modul berupa validasi ahli (d) pengujian modul kepada siswa serta melakukan publish file ke dalam format HTML.
Kata kunci: Modul Pembelajaran Elektronik, LCDS, Gerak Melingkar

 

×
Penulis Utama : Istiqomah Nugraheny
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315039
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik Fisika Berbasis Learning Content Development System (LCDS) pada Materi Gerak Melingkar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K2315039-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Pujayanto, M.Si.
2. Dra. Rini Budiharti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.