Penulis Utama : Nindita Kuswardani
NIM / NIP : B3216038
×

ABSTRAK

Dunia Pariwisata mulai berkembang sama halnya dengan perkembangan MICE dan fasilitas  yang diperlukan untuk penyelenggaraannya,  salah satunya venue. Balai Sidang Jakarta Convention Center adalah salah satu venue bertaraf internasional yang sering mengadakan pameran internasional.Dibalik kelancaran pameran terdapat peran Bonded Warehouse . Bonded Warehouse adalah salah satu divisi pada Exhibition Operation. Bonded Warehouse berfungsi penting sebagai pendukung penyelenggaraan sebuah pameran internasional, karena divisi ini menangani barang internasional.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menganalisa data yang diperoleh dari observasi dengan praktik kerja yang dilakukan di Balai Sidang Jakarta Convention Center ( BSJCC ) pada 1 Februari – 30 April 2019, dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan metode observasi,  wawancara  dengan  pihak-pihak  Balai  Sidang  Jakarta  Convention Center dan melakukan studi pustaka diperpustakaan pusat UNS dan Labtour UPW.

Divisi Bonded Warehouse berfungsi untuk mempermudah proses pemasukan barang – barang internasional, menjadikannya fasilitas unggulan dan membuat  Balai  Sidang  Jakarta  Convention  Center  mampu  bersaing  dengan industri venue yang lain, dan berfungsi untuk menarik peserta pameran untuk mengikuti pameran yang diadakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center.

Alur  kerja  Bonded  Warehouse,  staff  bonded  warehouse  menjelaskan kepada pihak EO untuk memilih forwarding setelah itu EO memilih 2 forwarding untuk diberikan kepada  exhibit agar memilih salah salah satu, setelah  exhibit memilih maka akan berkoordinasi dengan pihak forwarding tentang barang yang dipamerkan, barang datang melalui 2 tempat yaitu Tanjung Priuk dan bandara Soekarno Hatta,  setelah  itu  melakukan  penyelesaian dokumen terlebih  dahulu baru dibawa ke gudang di BSJCC, pengecekan dokumen dan fisik barang,barang dipamerkan dan barang di re-eksport.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Bonded Warehouse sangat berfungsi sebagai pendukung penyelenggaraan sebuah pameran. Bonded Warehouse bertanggung jawab dengan semua dokumen dan barang – barang pameran internasional.

Kata kunci: Fungsi, Bonded Warehouse, Sebagai, Pendukung, Penyelenggaraan ,pameran, Balai Sidang Jakarta Convention Center

×
Penulis Utama : Nindita Kuswardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3216038
Tahun : 2019
Judul : Fungsi Bonded Warehouse sebagai Pendukung Penyelenggaraan Pameran di Balai Sidang Jakarta Convention Center
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Usaha Perjalanan Wisata-B3216038-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sugiman, S.E., M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.