Penulis Utama : Istanti Rahayu
NIM / NIP : B3215026
×

ABSTRAK
Banyak kegiatan pariwisata yang dapat dijual pada era sekarang ini, salah satunya adalah bisnis MICE (meeting, incentive, convention, exhibition). Bisnis dalam bidang MICE sangat menjanjikan, apalagi pada exhibition atau pameran. Untuk membuat sebuah pameran tentu diperlukan adanya venue yang tepat agar pameran dapat mencapai tujuannya. Balai Sidang Jakarta Convention Center (BSJCC) adalah salah satu venue yang bertaraf Internasional. Disana sering untuk menggelar sebuah pameran. Demi kelancaran pameran, BSJCC memiliki departemen untuk membantu kelancaran pameran. Exhibition Operation adalah salah satu divisi pada Exhibition Departemen. Exhibition Operation memiliki peran penting dalam penyelenggaraan sebuah event, karena divisi ini mengoprasikan dan mengendalikan acara pameran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menganalisa data yang diperoleh dari observasi dengan praktik kerja yang dilakukan di Balai Sidang Jakarta Convention Center pada 1 Februari – 30 April 2018, dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan metode observasi, studi dokumenter, wawancara dengan pihak-pihak Balai Sidang Jakarta Convention Center dan studi pustaka untuk mendapatkan data dari buku perpustakaan, brosur, dan dokumen perusahaan.
Divisi Exhibition Operation memiliki beberapa kegiatan dan peraturan yang harus dilaksanakan oleh pihak-pihak yang akan meyelenggarakan pameran di BSJCC.  Kegiatan tersebut berupa pengontrolan mulai dari sebelum pameran digelar hingga pameran tersebut selesai. Pada dasarnya divisi Exhibition Operation menegakkan peraturan yang ada di BSJCC. Peraturan ini harus dipatuhi guna menjaga keamanan para pekerja dan keamanan gedung BSJCC.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Exhibition Operation sangat berperan dalam penyelenggaraan sebuah pameran. Exhibition Operation bertanggung jawab atas segala aktivitas pameran, mulai dari set up, show days, hingga break down.
Kata kunci: Peranan, Exhibition Operation, event, pameran, Balai Sidang Jakarta Convention Center

 

×
Penulis Utama : Istanti Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215026
Tahun : 2018
Judul : Peranan Divisi Exhibition Operation dalam Penyelenggaraan Event Pameran di Balai Sidang Jakarta Convention Center
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata- B3215026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sugiman, S.E., M.M
2. Deria Adi Wijaya, S.ST., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.