Penulis Utama : Indri Fatmawati
NIM / NIP : B3215025
×

ABSTRAK

Perkembangan Industri MICE (meeting, incentive, convention, and exibition) di Indonesia memiliki potensi besar dan merupakan salah satu produk unggulan industri Pariwisata Indonesia, usaha pariwisata tersebut antara lain : penyelenggaraan pertemuan, perjalanan insentif, konferensi dan pameran. Di Ibukota Jakarta terdapat beberapa tempat convention center yang didirikan untuk menunjang berbagai event salah satunya yaitu Balai Sidang Jakarta Convention Center, Pelaksanaan event di Balai Sidang Jakarta Convention Center dapat berjalan dengan baik dengan didukung oleh beberapa departemen salah satunya catering department. Catering department terbagi menjadi 5 bagian atau section diantaranya catering kitchen, catering steward, catering bar / beverage, catering snack bar, dan catering operation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi event yang menggunakan peranan catering operation di Balai Sidang Jakarta Convention Center, peranan catering operation pada penyelenggaraan event di Balai Sidang Jakarta Convention Center, serta kendala dan solusi yang dihadapi cateing operation di Balai Sidang Jakarta Convention Center.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menjelaskan data yang diperoleh dari  observasi dengan praktik kerja yang dilakukan di Balai Sidang Jakarta Convention Center pada 01 Februari-30 April 2018, dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan metode observasi, studi dokumen, studi puskata dan wawancara dengan pihak-pihak dari Balai Sidang Jakarta Convention Center serta studi pustaka untuk mendapatkan data dari buku perputakaan, brosur, dan dokumen perusahaan.
Klasifikasi event yang menggunakan pearanan catering operation terdiri dari 2 bagian departemen yaitu exhibition department dan convention service department sedangkan peranan catering operation itu sendiri yaitu catering operation berperan menyiapkan atau set up kebutuhan acara dari catering operation itu sendiri kemudian melayani tamu dengan jamuan makan setelah itu membereskan semua kebutuhan dari acara yang sudah berlangsung tersebut. Dalam setiap acara tidak lepas dari kendala baik dari dalam catering operation itu sendiri maupun dari luar catering operation namun setiap kendala yang dialami catering operation dapat teratasi dengan baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah catering operation berperan pada setiap event yang megajukan permintaan makanan sehingga catering operation akan mempersiapkan, melayani dan membereskan semua kebutuhan yang berasal dari catering operation.

Kata kunci : peranan, catering, catering operation dan event.

 

×
Penulis Utama : Indri Fatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215025
Tahun : 2018
Judul : Peranan Catering Operation pada Penyelenggaran Event di Balai Sidang Jakarta Convention Center
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Usaha Perjalanan Wisata-B3215025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sunyoto,S.E, M.T
2. Insiwi Febriari Setiasih, S.S, M.A
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.