Penulis Utama : Tiara Anggun Putri Hidayat
NIM / NIP : K3115058
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok behavioral teknik modeling untuk meningkatkan self efficacy peserta didik kelas XI SMK Murni 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019.
Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah equivalent time series design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK Murni 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 yang memiliki self efficacy rendah yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket self efficacy. Analisis data menggunakan aplikasi data statistic SPSS 24 dengan teknik analisis Wilcoxon Signed Rank Test.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan skor pretest dan posttest pada 3 tahap pelaksanaan konseling. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan signifikan pada tahap pertama sebesar 0,039 < 0>Simpulan hasil penelitian ini adalah teknik modeling efektif untuk meningkatkan self efficacy peserta didik kelas XI SMK Murni 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Saran dari penelitian ini adalah teknik modeling juga dapat dijadikan alternatif pemberian layanan terhadap peserta didik, sehingga guru Bimbingan dan Konseling dapat mengoptimalkan komponen program bimbingan konseling yang ada.

Kata kunci : self efficacy, konseling kelompok behavioral, teknik modeling

 

×
Penulis Utama : Tiara Anggun Putri Hidayat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115058
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas konseling kelompok behavioral teknik modeling untuk meningkatkan self efficacy peserta didik kelas XI SMK Murni 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Bimbingan dan Konseling-K3115058-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asrowi, M.Pd
2. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.