Penulis Utama : Aldyaz Aji Astyar
NIM / NIP : K4411005
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Scramble.
    Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek peneltian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, analisis dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan deskriptif kualitatif. Hasil belajar siswa pra siklus, siklus I, dan siklus II dibandingkan dan diukur menggunakan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi.
    Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar sejarah. Hal ini terbukti dan dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa. Pada pra siklus persentase hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 30,3% dengan nilai rata-rata kelas 50,1. Pada siklus 1 persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 54,5% dengan nilai rata-rata kelas 63,2. Pada siklus 2 persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 84,8% dengan nilai rata-rata kelas 72,5. Indikator tingkat keberhasilan diukur berdasarkan standar nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali sebesar 75?ri nilai 65. Hasil analisis data penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Cooperative Learning, Scramble, Hasil Belajar Sejarah

×
Penulis Utama : Aldyaz Aji Astyar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4411005
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4411005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M. Pd.
2. Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.