Penulis Utama : Tutut Rahmawati
NIM / NIP : K4414048
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match dalam pembelajaran sejarah.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom on Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat empat tahapan kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri Kebakkramat sebanyak 36 siswa. Data yang diperlukan berupa nilai prestasi belajar siswa, kegiatan pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe make a match dan minat belajar siswa selama pembelajaran. Data diperoleh melalui angket minat belajar siswa, dokumentasi pelaksanaan pembelajaran sejarah dan informasi tentang proses pembelajaran sejarah menggunakan model cooperative learning tipe make a match. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara dan observasi. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi data, uji validitas dan reliabilitas. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode dengan membandingkan hasil observasi, angket dan tes. Data angket dan tes menggunakan teknik uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan model interaktif yaitu interaksi antara tiga komponen meliputi reduksi data, sajian data, dan verifikasi dengan pengumpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa. Minat belajar ini dibuktikan dengan hasil observasi guru prasiklus 65,51%, siklus I 72,72% dan siklus II 81,21%. Hasil observasi siswa prasiklus 64,42%, siklus I 72,11% dan siklus II 80,76%. Hasil angket minat belajar siswa prasiklus 69,88%, siklus I 75,06% dan siklus II 80,31%, (2) Model Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa. Presentase prestasi belajar sejarah siswa berdasarkan KKM=67 pada prasiklus 27,78%, siklus I 58,33% dan siklus II 88,89%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI MIPA 3 semester genap di SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2018/2019.

 

×
Penulis Utama : Tutut Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414048
Tahun : 2019
Judul : Model Cooperative Learning Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MIPA 3 Semester Genap di SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4414048-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.