Penulis Utama : Sofian Adhe Candra
NIM / NIP : R0213050
×

Latar Belakang : Melihat angka penyakit akibat kerja yang sangat tinggi dan merujuk pada Sustainable Development Goal’s (SDG’s) yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan semua orang disegala usia, maka harus diselenggarakan Hirarki of Control berupa penggunaan alat pelindung diri. Namun, salah satu penyebab kurangnya kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pekerja adalah akibat dari kurangnya pengetahuan tentang alat pelindung diri. Untuk meningkatkan pengetahuan tentang alat pelindung diri pekerja ini dapat melalui pemberian intervensi berupa safety talk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian safety talk terhadap peningkatan pengetahuan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja Bagian Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa

 

Metode : Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental menggunakan desain penelitian Times Series Design dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Responden yang diambil adalah operator loom bagian weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar. Pengukuran pengetahuan alat pelindung diri menggunakan kuesioner dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri menggunakan ­checklist. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik wilcoxon.

 

Hasil : Hasil uji statistik non-parametrik Wilcoxon menunjukkan hasil yang signifikan berupa peningkatan rata-rata skor pengetahuan alat pelindung diri sebesar 14.29% dengan nilai ­p-value = 0.000 dan peningkatan rata-rata skor kepatuhan pemakaian alat pelindung diri sebesar 34.5% dengan nilai p-value = 0.000.

 

Simpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian program safety talk dalam meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja bagian weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa.

 

Kata Kunci : Program K3, Safety Talk, Pengetahuan, Kepatuhan, dan Alat Pelindung Diri.

×
Penulis Utama : Sofian Adhe Candra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0213050
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh pemberian safety talk terhadap peningkatan pengetahuan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja bagian weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0213050-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes
2. Khotijah, S. KM., M. Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.