Penulis Utama : Gemawati
NIM / NIP : K7515022
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran hubungan masyarakat kelas XII AP SMK N 1 Banyudono, (2) pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran hubungan masyarakat kelas XII AP SMK N 1 Banyudono, (3) pengaruh kemampuan komunikasi dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran hubungan masyarakat kelas XII AP SMK N 1 Banyudono.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas XII SMK N 1 Banyudono. Sampel berjumlah 71 siswa diambil dengan teknik sensus. Teknik pengumpulan data kemampuan komunikasi, disiplin belajar digunakan metode angket, sedangkan hasil belajar digunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dengan SPSS 17.Hasil analisis data yang telah dilakukan, terdapat (1) pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar, (2) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar, (3) terdapat pengaruh signifikan secara simultan kemampuan komunikasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar. Dengan sumbangan efektif kemampuan komunikasi (X1) sebesar 17%, sumbangan efektif disiplin belajar (X2) sebesar 23,2% dan sumbangan relative kemampuan komunikasi (X1) 43,33%, sumbangan relatif disiplin belajar (X2) 56,71%.

Kata kunci : kemampuan komunikasi, disiplin belajar, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Gemawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7515022
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Disiplin Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Hubungan Masyarakat Kelas XII Administrasi Perkantoran SMKN 1 Banyudono
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7515022-2019
Kata Kunci : kemampuan komunikasi, disiplin belajar, hasil belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Wiedy Murtini, M.Pd
2. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublisd
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.