Penulis Utama : Ningrum Reni Astuti
NIM / NIP : S031508014
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya 1) perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Scientific; 2) perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah; 3) interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan komunikasi matematis dalam meningkatkan hasil belajar matematika. 
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x3, dengan populasi seluruh peserta didik kelas 3 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dari penelitian ini berjumlah 50 peserta didik diambil dengan teknik Simple Random Sampling, masing-masing diambil 25 orang untuk kelompok eksperimen dan 25 orang untuk kelompok kontrol. Pengambilan data hasil belajar matematika dilakukan dengan teknik tes, sedangkan data kemampuan komunikasi matematis dengan teknik kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME dengan pendekatan Scientific. Hasil belajar matematika peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Scientific. 2) Ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil belajar matematika peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang. Demikian pula peserta didik yang memiliki kemampuyan berpikir kritis sedang memiliki hasil belajar matematika yang lebih baik dibandingkan peserta didik yang kemampuan komunikasi matematisnya rendah. 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan komunikasi matematis dalam meningkatkan hasil belajar matematika.  

 

Kata kunci : hasil belajar, matematika, RME, scientific, kemampuan komunikasi matematis

×
Penulis Utama : Ningrum Reni Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031508014
Tahun : 2019
Judul : Studi Eksperimental Pembelajaran Dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dan Scientific Pada Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SD Kristen Kalam Kudus Surakarta tahun ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar-S031508014-2019
Kata Kunci : hasil belajar, matematika, RME, scientific, kemampuan komunikasi matematis
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A., Ph.D
2. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : lamp - unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.