Penulis Utama : Muchlis Mahmuddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514046
Tahun : 2019
Judul : Analisis perbandingan performa biomassa rdf-5 berbasis limbah aren dan limbah durian pada proses pirolisis cepat terhadap kualitas liquid smoke
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prog. Pendidikan Teknik Mesin-K2514046-2019
Subyek : SAMPAH, LIMBAH,
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbandingan karaksteristik RDF-5 berbahan baku limbah aren dan Kulit Durian. (2) Mengetahui perbandingan performasi pirolisis RDF-5 berbahan baku limbah aren dan kulit durian dengan mengukur kuantitas asap cair.
Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui pengaruh RDF ampas aren terhadap bio-oil yang dihasilkan dengan metode eksperimen . Hasil dari penelitian ini adalah membandingkan performa dari asap cair RDF durian dan limbah aren dengan variasi suhu dalam penelitian ini adalah 400°C, 500°C, 600°C semakin tinggi tinggi suhu maka semakin cepat asap cair yang keluar.
Hasil Pengujian asap cair RDF-5 biomassa aren dengan kuantitas paling banyak pada suhu 400°C yaitu sebanyak 112 mL. Pada proses pirolisis cepat semakin rendah suhu pirolisis maka kuantitas asap cair semakin banyak. Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan menunjukkan bahwa limbah aren yang telah di ubah bentuk menjadi RDF-5 dapat di manfaatkan sebagai bahan bakar.
 
Kata kunci ; Sampah, Limbah, Biomassa, RDF, Pirolisis
 
 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat Pernyataan.pdf
Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng Herman Saputro, M.Pd.,M.T.,
2. Ir Husin bugis, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP