Penulis Utama : Desi Nur Liana
NIM / NIP : K2514022
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) perbandingan nilai kalor RDF-5 dari limbah durian dalam menentukan biomasa umpan pada proses pirolisis cepat; (2) kuantitas tertinggi asap cair pada proses pirolisis cepat menggunakan bentuk biomassa berbeda yakni RDF dan Non-RDF dari limbah durian; (3) kualitas enam sampel asap cair dari proses pirolisis cepat setelah proses perlakuan; (4) perbandingan komposisi kimia asap cair non-RDF dan RDF pada temperatur terendah dan tertinggi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pembuatan sampel dengan tiga variasi RDF-5 pada perbandingan antara biomassa dan perekat yang berbeda: 30 : 70; 30 : 80; dan 30 : 90 dalam gram, diujikan bomb calorimeter untuk memperoleh nilai kalor tertinggi bekerjasama dengan laboratorium PAU UGM. RDF-5 yang memiliki nilai kalor tertinggi akan diujikan pirolisis cepat menggunakan suhu 4000C, 5000C, dan 6000C untuk dibandingkan kuantitas asap cairnya dengan Non-RDF.
Sampel asap cair dari pengujian pirolisis cepat mendapat perlakuan sedimentasi, filtrasi zeolit aktif, dan filtrasi karbon aktif untuk meningkatkan kualitas. Asap cair tersebut kemudian diuji GCMS untuk membandingkan komposisi kimia dari dua jenis bentuk limbah durian pada variasi temperatur proses pirolisis cepat bekerja sama dengan laboratorium biomasa UGM.
Hasil penelitian menunjukkan RDF-5 dengan komposisi perekat terendah memiliki nilai kalor tertinggi yakni 3808 kal/gr. Pada proses pirolisis cepat, semakin tinggi suhu meningkatkan kuantitas asap cair, baik pellet RDF maupun Non-RDF dengan prosentase peningkatan lebih besar pada RDF-5. Dilihat dari kualitas asap cairnya, limbah non-RDF memiliki kualitas lebih rendah diukur dari jumlah zat pengotor hasil perlakuan. Analisa uji GCMS menunjukan Pellet RDF memiliki penguraian senyawa terbaik dengan 11 senyawa pada suhu 4000C dan 23 senyawa pada suhu 6000C. Dari semua data yang peroleh menunjukan bahwa RDF-5 memiliki kualitas lebih baik untuk menghasilkan asap cair dengan menggunakan pirolisis cepat.
Kata kunci : RDF, asap cair pirolisis, komposisi kimia

 

×
Penulis Utama : Desi Nur Liana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514022
Tahun : 2018
Judul : Analisis Perbandingan Performa Refuse Derived Fuel Type 5 (Rdf-5) Dan Non-Rdf Limbah Durian Pada Proses Pirolisis Cepat Terhadap Kualitas Liquid Smoke
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2514022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.T., M.Pd.,
2. Ir. Husin Bugis, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.