Penulis Utama : Supriyadi
NIM / NIP : K2514062
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah : (1) menganalisis kualitas synthetic gas pada proses gasifikasi dengan variasi cyclone separator berbahan bakar RDF limbah aren, serta menganalisis hasil penyaringan tar dan abu pada cyclone separator dengan penambahan counter cone. Cyclone separator merupakan alat yang digunakan untuk memisahkan kandungan partikel abu dan tar pada gasifikasi dengan gaya inersia.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Variabel yang diambil dalam penelitian ini adalah kualitas synthetic gas yang dihasilkan dari proses gasifikasi. Variasi cyclone yang digunakan adalah menambah counter cone 90° dan counter cone 120° pada cyclone separator. Pengambilan data melalui analisis langsung untuk mengetahui temperatur pada gasifikasi dan nyala synthetic gas yang dihasilkan. Uji eksperimen dilaksanakan di bengkel las JPTK kampus V UNS.
Hasil penelitian ini adalah : (1) penggunaan counter cone pada cyclone separator mempengaruhi kualitas synthetic gas yang dihasilkan. Hasil pengujian menunjukkan variasi cyclone dengan counter cone 120° efektif memisahkan kandungan tar dan abu dengan presentase 13%. (2) Penangkapan tar dan abu sebanyak 325 gram dalam operasi gasifikasi 90 menit dengan bahan bakar 2,5kg. (3) Analisis Uji visual nyala synthetic gas menunjukkan bahwa cyclone separator dengan counter cone 120° menghasilkan synthetic gas dengan nyala warna biru dan terlihat bersih dari kandungan tar dan abu dengan suhu maksimum 545°C.

Kata Kunci : Limbah aren, Gasifikasi, cyclone separator, counter cone.

 

 

 

×
Penulis Utama : Supriyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514062
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kualitas Produksi Synthetic Gas (Syngas) Pada Proses Gasifikasi Refuse Derived Fuel (Rdf) Limbah Aren Dengan Variasi Cyclone Separator
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K2514062-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., MT
2. Ir. Husin Bugis, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.