Penulis Utama : Imam Muzzaka
NIM / NIP : K2515040
×

ABSTRAK

Meningkatnya konsumsi energi dan semakin menipisnya cadangan energi fosil membuat krisis energi. Energi berbahan bakar fosil sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Permasalahan ini menekankan pembuatan energi alternatif yang ramah lingkungan. Salah satu alternatifnya yaitu dengan memanfaatkan limbah aren yang diproses menjadi Refuse Deriverd Fuel (RDF) sebagai bahan bakar untuk gasifikasi. Gasifikasi yaitu proses dimana bahan bakar padat diubah menjadi gas yang dapat di bakar. Proses pembakaran bahan bakar padat terjadi dalam reaktor. Gas yang dihasilkan dari proses tersebut, kemudian dijadikan sumber energi baru terbarukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan RDF tipe 1 dan tipe 5 limbah aren terhadap kandungan senyawa pada synthetic gas (syngas) untuk memperoleh hasil yang optimal.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel diambil secara acak kemudian diproses menjadi RDF tipe 1 dan tipe 5 campuran  kanji  dengan  perbandingan  7:3.  Pembuatan  RDF  dilakukan  di  lab ECCL (Energy Convertion and Combution Laboratory) dan data diperoleh dari pengujian gasifikasi yang dilakukan di laboratorium PUSLITBANG TEKMIRA Bandung. Penelitian menggunakan gas chromatography untuk mengukur kadar senyawa dan LHV gas. LHV merupakan nilai pembakaran bila didalam gas hasil pembakaran terdapat H2O berbentuk gas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tipe RDF berpengaruh terhadap kualitas atau keoptimalan syngas yang dihasilkan dari proses gasifikasi. (2) LHV yang paling optimal adalah RDF tipe 5 limbah aren yaitu 654 kcal/m3. (3) Kandungan syngas yang paling optimal adalah RDF   tipe 5 limbah aren karena gas mampu bakarnya lebih besar daripada RDF tipe 1. Kandungannya berupa CO 15,30%, CH4  1,03%, dan H2  4,09% dan kandungan gas tak mampu bakar lebih rendah yaitu CO2 9,25%, O2 0,72%, dan N2 69,61%. (4) kandungan LHV limbah aren masih dibawah pelepah kelapa sawit dan pelet MSW. (5) implikasinya digunakan untuk bahanbakar kompor dalam memasak mie soun.

Kata kunci : Gasifikasi, RDF, limbah aren, syngas

 

×
Penulis Utama : Imam Muzzaka
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515040
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Refuse Derived Fuel (RDF) Tipe 1 dan Tipe 5 Berbasis Limbah Padat Aren pada Proses Gasifikasi Tipe Up Draft Terhadap Kandungan Senyawa dan LHV Syngas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Teknik Mesin-K2515040-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng.Herman Saputro, M.Pd., MT.,
2. Ir. Husin Bugis, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.