Penulis Utama : Diya Zalfa Aisyah Safitri
NIM / NIP : K2518012
×

Kebutuhan bahan bakar yang meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk serta kemajuan industri, sementara cadangan bahan bakar fosil terus berkurang. Masyarakat juga dihadapkan oleh permasalahan meningkatnya jumlah sampah, baik dalam bentuk organik maupun anorganik. Dalam hal ini limbah kayu mahoni dan limbah plastik polypropylene (PP) yang masih jarang dimanfaatkan oleh masyarakat dapat menjadi solusi untuk dijadikan bahan bakar alternatif diolah dengan proses pirolisis. Pirolisis adalah proses dekomposisi termokimia bahan organik atau sintetik untuk menghasilkan bahan bakar pada suhu tinggi tanpa adanya oksigen dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain suhu dan waktu proses pirolisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio komposisi campuran biomassa gergaji kayu mahoni dan limbah plastik PP terhadap kuantitas dan kualitas yang meliputi rendemen, visual dan warna, massa jenis, viskositas serta nyala api pada minyak hasil pirolisis.

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS dan Laboratorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS, menggunakan metode eksperimen dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan proses pirolisis terhadap RDF-4 campuran biomassa limbah gergaji kayu mahoni dan limbah plastik PP dengan rasio komposisi 100%:0%, 75%:25%, 50%:50%, 25%:75%, dan 0%:100%. Selanjutnya dilakukan pengujian minyak pirolisis meliputi uji kuantitas, uji rendemen, uji visual dan warna minyak, uji massa jenis, uji viskositas, dan uji nyala api.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa variasi rasio komposisi campuran biomassa berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas (nilai rendemen, warna dan visual, massa jenis, viskositas dan nyala api) minyak pirolisis. RDF-4 yang tidak tercampur dengan limbah gergaji kayu mahoni atau memiliki perbandingan komposisi limbah gergaji kayu mahoni lebih rendah dari rasio komposisi limbah plastik PP menghasilkan minyak pirolisis dengan kuantitas yang lebih banyak dan kualitas yang cenderung lebih baik daripada minyak pirolisis RDF-4 100% limbah gergaji kayu mahoni, dan RDF-4 dengan perbandingan komposisi limbah gergaji kayu mahoni lebih besar atau sebanding dengan komposisi limbah plastik PP. Minyak pirolisis RDF-4 dihasilkan dari 100% limbah plastik PP dengan jumlah terbesar 1026,67 ml, dengan kualitas rendemen, warna dan visual serta viskositas terbaik yaitu sebesar 78,65%, jernih dan berwarna kuning menuju jingga serta viskositas sebesar 4,7 cP, sedangkan massa jenis dan nyala api terbaik dihasilkan dari rasio komposisi 25%:75%, yaitu massa jenis sebesar 800 kg/m3  mendekati nilai massa jenis dari BBM solar dan minyak tanah, serta tinggi nyala api sebesar 9,6 cm. Konfigurasi rasio komposisi campuran biomassa gergaji kayu mahoni dan limbah plastik PP dengan perbandingan 0%:100%, menghasilkan minyak pirolisis dengan kuantitas dan kualitas terbaik.

×
Penulis Utama : Diya Zalfa Aisyah Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2518012
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS MINYAK HASIL PIROLISIS CAMPURAN BIOMASSA LIMBAH GERGAJI KAYU MAHONI DAN LIMBAH PLASTIK POLYPROPYLENE
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : biomassa, limbah gergaji kayu mahoni, limbah plastik polypropylene (PP), pirolisis, refused derived fuel (RDF), energi alternatif terbarukan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Danar Susilo Wijayanto S.T., M.Eng.
2. Taufik Wisnu Saputra S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr.Eng. Nugroho Agung Pambudi, S.Pd., M.Eng.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.